Bertandang Ke Palestina, Baerbock: Jerman Sumbang Rp 2,7 T Untuk Pemerintahan Palestina!

JurnalPatroliNews – Jerman, – Annalena Baerbock, Menteri Luar Negeri (Menlu) Jerman, bertandang ke Ramallah, Palestina, untuk melihat perkembangan terkini wilayah Gaza, akhir pekan kemarin.

Serangan di wilayah Gaza terus meningkat, usai Israel membombardir wilayah itu dengan brutal. Sejauh ini, jumlah korban sipil yang tewas di Gaza telah mencapai sedikitnya 11.000 jiwa.

Dalam kunjungannya ke ibu kota Palestina itu, Baerbock menyampaikan, bahwa dirinya dan seluruh warga dunia, sangat sedih melihat foto-foto korban serangan di Gaza. Ia menegaskan, seluruh aktivitas pertempuran haruslah dihentikan untuk jeda kemanusiaan.

“Oleh karena itu saya ingin menggarisbawahi di sini, di Ramallah, apa yang juga saya katakan di Tel Aviv dan di PBB,” ujar Baerbock, Rabu (15/11/23).

“Setiap kehidupan memiliki nilai yang sama, dan setiap orang di Israel dan setiap orang di wilayah Palestina, mempunyai hak untuk hidup dalam damai dan kebebasan,” tegasnya.

Ia kembali menyuarakan komitmen Jerman, dalam menambah bantuan kemanusiaan ke Palestina, yakni sebesar 38 juta euro atau sekitar Rp 640 miliar. Sehingga, total bantuan Jerman ke Palestina pada tahun ini telah mencapai 160 juta euro atau Rp 2,7 triliun.

Ia berharap, bantuan ini harus sampai pada Pemerintah Palestina yang sah. Hal itu, dapat memperkuat Pemerintahan Palestina, sehingga dapat merdeka di kemudian hari.

“Dan saya akan menekankan kepada lawan bicara saya di Israel setelah ini di Tel Aviv, bahwa dana milik Otoritas Palestina harus disediakan secara penuh kepada Otoritas,” ucapnya.

“Terutama karena keamanan Israel sangat penting bagi kami, kami kini harus memperkuat pemain dan institusi seperti Otoritas Palestina. Kita harus membiarkan mereka berfungsi, bahkan kita harus meningkatkan kapasitas mereka untuk bertindak, karena hal ini diperlukan untuk mewujudkan Negara Palestina yang merdeka,” tandasnya.

Komentar