Bikin Was-was Dunia, Perang Sudan Ciptakan Bahaya Kimia dan Biologis Mematikan, Ini Risikonya

JurnalPatroliNews – Sudan – Pasukan bersenjata telah menduduki laboratorium publik nasional di Sudan yang menyimpan sampel penyakit termasuk polio dan campak. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan hal tersebut menciptakan situasi “sangat, sangat berbahaya”.

“Pejuang mengusir semua teknisi dari lab yang sepenuhnya berada di bawah kendali salah satu pihak yang bertempur sebagai pangkalan militer,” kata Nima Saeed Abid, perwakilan WHO di Sudan, dikutip AFP, Rabu (26/4/2023).

Dia tidak mengatakan pihak-pihak yang bertikai mana yang telah mengambil alih laboratorium tersebut.
Abid mengatakan dia telah menerima telepon dari kepala laboratorium nasional di Khartoum pada Senin, sehari sebelum gencatan senjata 72 jam yang ditengahi AS antara jenderal-jenderal yang bertikai di Sudan secara resmi mulai berlaku setelah 10 hari pertempuran perkotaan.

“Ada risiko biologis yang sangat besar terkait dengan pekerjaan laboratorium kesehatan masyarakat pusat,” kata Abid.

Dia menunjukkan bahwa laboratorium tersebut menyimpan apa yang disebut isolat, atau sampel, dari berbagai penyakit mematikan, termasuk campak, polio, dan kolera.

Badan kesehatan PBB juga mengatakan telah terjadi 14 serangan terhadap fasilitas atau personel kesehatan selama pertempuran, menyebabkan delapan petugas kesehatan tewas dan dua lainnya luka-luka.

“Selain bahaya kimia, bahaya biologis juga sangat tinggi karena genset yang tidak berfungsi dengan baik,” kata Abid.

Kementerian Kesehatan Sudan menyebutkan jumlah kematian sejauh ini mencapai 459 orang, dengan 4.072 lainnya luka-luka. Namun, WHO belum dapat memverifikasi jumlah itu.

Komentar