Cari Makanan Halal di Singapura, Mudah Kok. Ini Kiatnya!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Singapura, menjadi Negara yang banyak dikunjungi Warga Indonesia jelang libur lebaran nanti. Wisatawan Muslim Indonesia, kini tak perlu khawatir, sebab Singapura telah menghadirkan destinasi ramah Muslim yang memberikan banyak opsi makanan halal di sana.

Mohamed Hafez Marican, Area Director Singapore Tourism Board (STB) Indonesia, mengungkapkan keragaman pilihan makanan dan minuman halal disana.

Hafez menyebut, bagi para wisatawan yang mencari makanan halal, bisa mencari restoran dengan halal resmi dari Majelis Ugama Islam Singapore (MUIS) dan sertifikat Muslim-Owned Establishment (MOE).

“Di Singapura, peraturan halal dipegang oleh Majelis Ugama Islam Singapore (MUIS). MUIS memberikan sertifikasi kepada restoran untuk memastikan bahwa makanan, persediaan kebutuhan, dan bahan-bahan yang mereka gunakan dalam masakan sesuai dengan standar halal,” kata Hafez kepada CNBC Indonesia, dikutip pada Selasa (26/3/24).

Ia menerangkan, setiap tahunnya restoran-restoran yang mengklaim halal di Singapura, harus mendapat sertifikasi dari MUIS.

Sedangkan Untuk sertifikat Muslim-Owned Establishment (MOE), diberikan kepada Muslim yang memiliki restoran halal. Untuk MOE, restoran tidak perlu lagi menggunakan label halal dari MUIS.

“Kini, restoran yang dimiliki Muslim di Singapura tidak perlu lagi menggunakan label MUIS. Jadi mereka punya label lain, yang terkadang mereka tampilkan, yang disebut Muslim-Owned Establishment (MOE). Mereka akan menaruhnya dengan sangat jelas di luar toko,” terang Hafez.

Meski demikian, ada juga restoran yang memiliki bahan-bahan halal, namun mereka tidak memiliki sertifikasi halal dari MUIS karena menyajikan alkohol.

“Karena mereka menyajikan alkohol, maka beberapa dari mereka dengan jelas akan mencantumkan label ‘No Pork, No Lard’. Ini wajib, karena meski dagingnya halal tetapi mereka menyajikan alkohol,” ucapnya.

“Jadi (pelancong yang mencari makanan halal di Singapura) itu sangat tergantung pada tingkat kenyamanannya. Jika kurang nyaman (dengan label ‘No Pork, No Lard’), tetaplah di restoran berlabel MUIS atau MOE,” tandas Hafez.

Komentar