Cegah Konflik Meluas, Indonesia Dan Sejumlah Negara Bersatu Untuk Redam Perang Iran-Israel

JurnalPatroliNews – Jakarta – Upaya diplomatik terus diupayakan Indonesia untuk mencegah perluasan konflik di Timur Tengah setelah serangan balasan Iran.

Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Indonesia, telah berkomunikasi dengan rekan-rekannya dari negara-negara seperti Jerman, Belanda, dan negara-negara Timur Tengah untuk merundingkan langkah-langkah yang dapat diambil dalam menghadapi situasi ini.

Dalam konferensi persnya, Retno menyatakan bahwa para menteri luar negeri yang terlibat telah menyetujui untuk menggunakan pengaruh mereka masing-masing guna mencegah eskalasi lebih lanjut di kawasan tersebut.

“Misalnya dengan para menteri luar negeri dari Jerman Belanda dan negara-negara Timur Tengah kita mendorong agar semua dari kita menggunakan Pengaruh kita agar eskalasi tidak terjadi terjadi,” katanya dalam konferensi pers pada Selasa (16/4/24).

Ketegangan di Timur Tengah meningkat setelah Iran melakukan serangan balasan terhadap Israel sebagai tanggapan atas serangan udara Israel terhadap kantor diplomatik Iran di Damaskus, Suriah, beberapa waktu lalu.

Meskipun Israel berjanji untuk membalas serangan tersebut, sejumlah negara telah menyerukan untuk menahan diri guna menghindari memperbesar konflik yang sudah ada.

Komentar