China Serius Pertahankan Taiwan, Dong Jun: Siapapun Menghalangi Akan Dihancurkan!

JurnalPatroliNews – Beijing,- Taiwan yang Baru saja melantik Presiden barunya, tetap tidak akan bisa tenang. Pasalnya, China sangat serius untuk menguasai Taiwan sebagai bagian dari teritorinya dengan segala cara.

Dalam acara ‘Shangri-La Dialogue’ di Singapura, Dong Jun, Menteri Pertahanan  China, menegaskan, pihaknya siap menghentikan segala upaya Taiwan untuk menuju kemerdekaan yang utuh.

Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), akan bertindak setiap saat untuk mengekang kemerdekaan Taiwan, dan memastikan bahwa upayanya (Taiwan) tidak akan pernah berhasil,” tegasnya, dikutip dari AFP, Minggu (2/6/24).

Dong Jun juga menekankan, bahwa militer China tidak akan mentolerir pihak-pihak eksternal, yang mencoba menghalangi upaya China untuk me-reunifikasi Taiwan.

“Siapa pun yang berani memisahkan Taiwan dari China, akan hancur berkeping-keping dan menderita kehancurannya sendiri,” ujarnya.

Pada acara tersebut, Dong sempat bertemu dengan Lloyd Austin, Menteri Pertahanan AS. Ia menyampaikan, China sebenarnya tetap terbuka untuk perundingan dan kerjasama dengan Taiwan, namun, itu semua terusik karena bantuan militer Washington ke Taipei.

“Kami selalu terbuka terhadap pertukaran dan kerja sama, namun hal ini mengharuskan kedua belah pihak untuk saling bertemu,” katanya.

Forum Dialog Shangri-La tahun ini, digelar seminggu usai China mengadakan latihan militer di sekitar Taiwan, pasca pelantikan Presiden Lai Ching-te.

Lai dari Partai Progresif Demokratik (DPP), yang dilantik sebagai Presiden Taiwan pada Senin (20/5/24) lalu. Ia merupakan sosok yang tidak disukai China, karena diduga akan melakukan segala hal yang menghambat upaya reunifikasi Taiwan.

Komentar