Dampak Tragis Badai Salju di Afghanistan: 15 Orang Tewas

JurnalPatroliNews – Afghanistan – Badai salju hebat melanda Afghanistan, memakan korban jiwa dan melukai puluhan orang. Laporan dari TOLOnews menyebutkan bahwa dalam rentang tiga hari terakhir, hujan salju deras menyapu beberapa provinsi di Afghanistan, menewaskan 15 orang dan melukai hampir 30 lainnya.

Provinsi Balkh dan Faryab terutama terpukul parah, dengan hampir 10.000 hewan ternak menjadi korban akibat badai salju yang mengerikan ini.

Abdul Qadir, seorang penduduk Sar-e-Pul, membagikan kecemasannya tentang dampak buruk badai salju ini pada masyarakat dan ternak.

“Salju terus berlanjut dan sangat lebat, masyarakat cemas karena ternak mereka menderita kerugian, banyak jalan diblokir, dan ada banyak korban jiwa. hampir tidak ada gerakan apa pun,” katanya. 

Amanullah, seorang warga lain, menyoroti pentingnya bantuan pemerintah bagi yang terkena dampak penyumbatan jalan dan kelaparan ternak. Afghanistan telah menanggapi krisis ini dengan membentuk sebuah komite yang terdiri dari berbagai kementerian untuk membantu para pemilik ternak dan masyarakat yang terdampak.

Pemerintah meminta partisipasi 50 juta warga Afghanistan dalam upaya pemulihan di beberapa provinsi yang terkena dampak paling parah, termasuk Balkh, Jawzjan, Badghis, Faryab, dan Herat.

Misbahuddin Mustaeen, juru bicara Kementerian Pertanian, Irigasi, dan Peternakan yang ditunjuk Taliban, menekankan respons cepat dari komite yang dibentuk di seluruh provinsi. Mereka aktif membuka jalan yang terblokir, mendistribusikan makanan dan pakan ternak kepada masyarakat yang terdampak, serta menyelamatkan yang terjebak akibat hujan salju lebat.

Komentar