Dari Dataran Tinggi Golan, Israel Luncurkan Dua Rudal ke Damaskus

JurnalPatroliNews – Jakarta –  Israel meluncurkan dua rudal menuju pinggiran Kota Damaskus, dari arah Dataran Tinggi Golan yang diduduki.

Stasiun TV pemerintah, SANA melaporkan, serangan pada Rabu pagi (17/11) itu mengenai sebuah bangunan.

“Salah satu rudal musuh ditembak jatuh, dan tidak ada kerugian yang ditimbulkan,” lapor media tersebut, seperti dikutip Sputnik.

Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa, sementara bangunan yang rusak diketahui kosong.

Serangan Israel terbaru dari Golan terjadi pada 3 November, menyebabkan kerusakan material di pinggiran Damaskus,

Pada 30 Oktober, militer Rusia mengatakan infrastruktur sedikit rusak, dan dua personel militer Suriah terluka dalam serangan oleh empat jet tempur F-16 Israel. Pemboman itu dilaporkan dilakukan dari wilayah Israel di dekat Dataran Tinggi Golan tanpa melanggar wilayah udara Suriah.

Israel awalnya merebut Dataran Tinggi Golan dalam perang 1967 dan mencaploknya pada 1981. Namun, Dewan Keamanan PBB menganggap Golan sebagai bagian dari Suriah.

Sejak awal perang saudara Suriah pada 2011, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah melakukan ratusan serangan rudal dan udara yang menargetkan apa yang oleh militer Israel didefinisikan sebagai “kubu Iran” di negara itu.

Damaskus telah berulang kali mengecam serangan itu, menyerukan masyarakat internasional untuk meminta pertanggungjawaban Negara Yahudi. 

Komentar