Debu Merah Sebabkan Kanker di Kota-kota Serbia, Diduga Ulah Pabrik Baja Milik China

Dalam sebuah pernyataan kepada Reuters, dia mengatakan bahwa menyimpulkan tingkat kanker yang lebih tinggi disebabkan oleh aktivitas pabrik adalah sesuatu tidak benar.

“Penyakit itu bisa jadi akibat pemboman NATO atas Serbia pada 1999 selama perang di Kosovo,” katanya.

Tetapi para aktivis mengatakan pabrik itu adalah contoh perusahaan industri milik China yang mengabaikan standar polusi.

Nikola Krstic, kepala Tvrdjava, sebuah kelompok lingkungan mengatakan analisis debu merah pada bulan September menunjukkan konsentrasi logam berat yang tinggi.

“Udara di kota itu jauh di bawah standar Eropa selama 120 hari per tahun,” katanya kepada Reuters.

“Debu merah berminyak, menempel di paru-paru, membuat sulit bernapas,” ujarnya.

Pihak berwenang di Beograd telah mengatakan mereka siap untuk menantang perusahaan milik China atas terjadinya polusi tersebut.

April lalu, pihak berwenang Serbia memerintahkan Grup Pertambangan Zijin China untuk sementara menghentikan beberapa operasi di satu-satunya tambang tembaga negara itu karena kegagalan mereka mematuhi standar lingkungan.

Tambang mengatakan akan memperbaiki semua masalah dengan cepat, dan diizinkan untuk dibuka kembali.

“Tidak hanya pencemar harus didenda, jika mereka tidak dapat mengurangi polusi mereka harus menghentikan operasi,” kata Zorana Mihajlovic, menteri pertambangan dan energi Serbia pekan lalu.

China telah menginvestasikan miliaran euro di Serbia, yang merupakan kandidat untuk bergabung dengan UE tetapi memiliki hubungan yang tidak nyaman dengan Barat lebih dari dua dekade setelah perang yang mengikuti pecahnya Yugoslavia, dan telah mengejar hubungan dekat dengan Beijing.

Komentar