Ny. Putri Koster Gandeng YKI Bali Bersinergi Sosialisasi Pencegahan Kanker di Bali

JurnalPatroliNews – Denpasar – Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster sangat mengapresiasi program-program dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Bali dalam membantu masyarakat Bali yang terkena penyakit kanker. Ia pun mengajak YKI untuk bersinergi dan bekerjasama menjalankan program-program dengan TP PKK ke depan.

Demikian disampaikannya saat menerima rombongan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Bali yang dipimpin oleh Ketua Bidang Pendidikan dan Penyuluhan, Dr. dr. Tjok Dharma Yudha, bertempat di Kediaman Resmi Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar, Rabu (15/12).

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan tersebut, pendamping Gubernur Bali itu pun mengatakan jika banyak program-program YKI yang sejalan dan berhubungan dengan kegiatan PKK. “Selama ini di TP PKK, kita memfokuskan kegiatan berupa sosialisasi dan aksi ke lapangan. Jadi kita bisa berkolaborasi di dua kegiatan tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia pun mengatakan selama ini dalam program menyapa dan berbagi dengan masyarakat TP PKK sering mengadakan aksi sosial langsung ke tengah-tengah masyarakat. Dalam aksi sosial tersebut PKK selalu menggandeng OPD terkait, salah satunya Dinas Kesehatan Provinsi Bali dalam mengadakan pemeriksaan IVA test.

“Ini kan salah satu program pokok PKK terutama di bidang kesehatan. Kami mengajak Dinas Kesehatan dan melakukan IVA test secara gratis sebagai bentuk pencegahan kanker serviks,” imbuhnya seraya mengatakan ke depan bisa menggandeng YKI untuk aksi sosial ke masyarakat.

Selain itu, Ny. Putri Koster pun mengatakan, pentingnya upaya pencegahan dan deteksi dini kanker, baik kanker serviks maupun payudara. Untuk itu, ia pun mengajak YKI untuk mengedukasi masyarakat terutam para wanita melalui webinar-webinar.

“Saya bisa memfasilitasi webinar dan menggerakkan PKK hingga tingkat Dasa Wisma untuk mengikuti webinar tersebut. YKI tinggal mengundang ahlinya dan mengisi narasumber,” ujarnya.

Ny. Putri Koster yang juga dikenal sebagai seniman serba bisa ini pun menyampaikan harapan ke depan agar kasus kanker di Bali semakin berkurang bahkan bisa sampai pada Bali bebas kanker payudara atau kanker serviks. Menurutnya inilah pentingnya pencegahan dan edukasi. Sehingga kolaborasi semua pihak bisa mewujudkan hal tersebut.

Pos terkait