F-16 Turki Disimpan Di Azerbaijan Sebagai “Pencegah” Terhadap Armenia

Jurnalpatrolinews – Istanbul : Turki telah menyimpan setidaknya dua jet tempur F-16 di Azerbaijan selama beberapa bulan terakhir untuk bertindak sebagai pencegah serangan pasukan Armenia.

Menurut sebuah laporan di New York Times kemarin, kedua jet itu telah berada di Bandara Internasional Ganja di kota terbesar kedua Azerbaijan sejak mereka dikerahkan pada Juli untuk latihan bersama. Bukti lokasi jet diberikan dengan gambar satelit tertanggal 3 Oktober yang disediakan oleh penyelidik visual NYT Christiaan Triebert.

Setelah latihan udara bersama pada 31 Juli setelah bentrokan ringan di perbatasan wilayah Nagorno-Karabakh, F-16 disimpan di situ jika terjadi serangan lebih lanjut oleh pasukan dan milisi Armenia di wilayah yang diduduki, sumber Turki mengatakan kepada Middle East Eye .

“F-16 telah berada di sana sebagai pencegah terhadap setiap serangan Armenia terhadap penduduk sipil dan instalasi militer di Azerbaijan,” kata salah satu sumber. Kehadiran mereka di Ganja tidak berarti partisipasi mereka dalam konflik bersama pasukan Azeri. “Jet-jet itu tidak berpartisipasi dalam operasi Azerbaijan di wilayah Karabakh, juga tidak pernah menembak jatuh jet Armenia seperti yang diklaim Yerevan.”

Pengungkapan penempatan jet Turki di Azerbaijan terjadi lebih dari seminggu setelah klaim oleh Armenia dan Rusia bahwa F-16 milik Turki menembak jatuh pesawat tempur SU-25 Armenia. Klaim itu dibantah oleh Turki dan tidak ada bukti bahwa pihaknya terlibat dalam insiden tersebut.

Terlepas dari peran pencegah mereka, F-16 terpaksa terbang keluar bandara pada 4 Oktober setelah serangan roket oleh pasukan Armenia yang mengakibatkan korban sipil. “Sayangnya kehadiran F-16 tidak menghentikan orang-orang Armenia,” kata sumber itu kepada MEE .

Menyusul bentrokan perbatasan yang baru dan intensif antara pasukan Armenia dan Azeri, Ankara telah menyatakan dukungan politik dan militernya untuk Baku. Presiden Recep Tayyip Erdogan meminta Armenia untuk menarik diri dari wilayah tersebut, yang diakui secara internasional sebagai wilayah Azerbaijan.

Pengungkapan tentang jet F-16 muncul setelah awal pekan ini juga dikonfirmasi bahwa drone Turki telah digunakan oleh Azerbaijan dalam konflik tersebut.

Komentar