Federasi Sepakbola Prancis Tolak Memberi Jeda Waktu Berbuka Puasa untuk Pemain Muslim

JurnalPatroliNews – Jakarta –  Federasi Sepakbola Prancis (FFF) telah menolak memberikan izin kepada pemain Muslim untuk berhenti bermain saat memasuki waktu berbuka puasa selama pertandingan malam bulan Ramadhan.

Dalam email yang dikirim ke pejabat sepak bola Prancis, Komisi Wasit Federal (CFA) FFF telah melarang jeda pertandingan apa pun untuk memungkinkan pesepakbola Muslim berbuka puasa, dengan mengatakan bahwa itu tidak menghormati ketentuan Statuta FFF.

“Federasi dan badan-badannya mempertahankan nilai-nilai dasar Republik Prancis dan harus menerapkan cara untuk mencegah diskriminasi atau pelanggaran martabat seseorang karena keyakinan politik dan agama mereka,” kata email tersebut, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (1/4).

“FFF melarang penampilan afiliasi politik, ideologis, agama, atau serikat dagang selama turnamen,” tegasnya.

“Lapangan sepak bola, stadion, gimnasium, bukanlah tempat ekspresi politik atau agama, melainkan tempat netralitas di mana nilai-nilai olahraga, seperti kesetaraan, persaudaraan, ketidakberpihakan, belajar menghormati wasit, diri sendiri, dan orang lain , harus menang,” tambah email itu.

Federasi juga memperingatkan bahwa siapa pun yang melanggar instruksi ini akan dikenakan proses disipliner dan/atau pidana.

Email diakhiri dengan menyerukan kepada semua pejabat sepak bola untuk memastikan bahwa ketentuan ini dihormati.

Keputusan tersebut menuai banyak kecaman di media sosial. Mereka menganggap FFF mengabaikan kewajiban agama dan kesejahteraan fisik pemain Muslim.

“Federasi sepak bola Prancis sekali lagi menunjukkan ketidakmampuannya. Beberapa negara telah menyiapkan pengaturan nyata untuk menghormati umat beragama,” kata seorang pengguna Twitter.

Banyak yang kemudian membandingkan pendekatan berbeda Prancis dan Inggris dalam hal pertandingan sepak bola yang berlangsung selama bulan suci Ramadhan.

Komentar