Gantz : Yahudi Amerika Latin Bisa Jadi Target Teror Hizbullah

Jurnalpatrolinews – Tel Aviv : Orang-orang Yahudi Amerika Latin dapat menjadi sasaran kelompok teror yang didukung Iran Hizbullah seperti yang pernah mereka alami di masa lalu, Perdana Menteri Sementara dan Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz mengatakan pada Kamis malam.
“Kemungkinan bahwa bisa ada serangan teror, seperti apa yang membuat saya sedih yang kita lihat di Argentina [pada awal 1990-an] adalah sesuatu yang pasti bisa terjadi,” kata pemimpin Biru dan Putih itu.
“Saya tidak tahu ancaman spesifik yang bisa terjadi sekarang, tapi bahaya itu ada,” kata Gantz.
Dia berbicara pada pertemuan Zoom virtual khusus untuk orang-orang Yahudi yang tinggal di Amerika Latin untuk menandai hari kedelapan Hanukkah, yang disponsori oleh Badan Yahudi dan Kementerian Urusan Strategis.
Salah satu peserta, seorang pemimpin komunitas Yahudi São Paulo, bertanya kepada Gantz tentang bahaya serangan teror, terutama dari Hizbullah, mengingat komunitas Lebanon yang besar yang tinggal di Amerika Latin.
Pada tahun 1994, 87 orang tewas dalam serangan bom di Argentina di Asociación Mutual Israelita Argentina (AMIA), yang terkait dengan Hizbullah dan Iran.
Hizbullah memiliki tentakel secara global dan di Amerika Latin pada khususnya, kata Gantz. Oleh karena itu, penting untuk bekerja sama dengan otoritas lokal untuk memastikan keamanan pribadi dan kelembagaan, tambahnya.

Komentar