Gaza Mencekam! Israel Gunakan Bom Spons, Gempur Hamas di Terowongan Bawah Tanah

JurnalPatroliNews – GAZA – Serangan Israel terhadap Palestina yang semakin membabi buta membuat Gaza mencekam. Salah satu tantangan terbesar bagi Israel adalah jaringan terowongan bawah tanah Hamas, namun senjata baru “bom spons” diharapkan dapat membantu mengatasi kesulitan tersebut.

Hamas telah mengintegrasikan peperangan bawah tanah ke dalam strategi militernya secara keseluruhan. Menurut laporan, Hamas memiliki berbagai jenis terowongan yang panjangnya sampai ratusan kilometer dan kedalaman hingga 80 meter di bawah jalur pantai berpasir Gaza seluas 360 kilometer persegi dan sepanjang perbatasannya.

Seperti dilansir dari Army Recognition, untuk memerangi terowongan bawah tanah Hamas, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) terus menguji keampuhan “bom spons” yang tidak mengandung bahan peledak tetapi dapat digunakan untuk memblokir pintu masuk terowongan terhadap masuknya pasukan musuh secara tiba-tiba dengan tujuan untuk menyergap tentara Israel yang bergerak lebih jauh ke dalam jaringan terowongan bawah tanah.

Pasukan Pertahanan Israel belum mengomentari sejauh mana kinerja “bom spons” yang dapat meledak secara tiba-tiba dengan busa yang mengembang secara cepat kemudian mengeras.

Selama latihan militer tahun 2021, tentara Israel telah menguji “bom spons” tersebut dengan membuat simulasi sistem terowongan di pangkalan militer Tze’Elim dekat perbatasan Gaza.

Perangkat khusus ini hadir dalam wadah plastik dengan dua cairan dipisahkan oleh pembatas logam.

Komentar