Iran Memposisikan ‘Drone Bunuh Diri’ di Yaman Yang Dapat Menjangkau Israel

  • Whatsapp

Jurnalpatrolinews – Beirut : Ketika ketegangan meningkat di wilayah Laut Merah, Iran telah mengirim beberapa amunisi berkeliaran Shahed-136, yang dikenal sebagai “drone bunuh diri,” ke proxynya di Yaman, Newsweek melaporkan pada hari Kamis.

Menurut laporan itu, rekaman satelit dari 25 Desember menunjukkan bahwa Korps Pengawal Revolusi Islam Iran mengirim drone ke provinsi Al-Jawf di Yaman utara, daerah yang dikendalikan oleh pemberontak Houthi. Drone ini mampu mencapai tujuan sejauh 2.200 kilometer (1.400 mil) dan karenanya dapat mencapai Israel.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, tentara Iran sedang melakukan latihan angkatan laut di Teluk Oman, hanya seminggu setelah melakukan latihan drone yang melibatkan ratusan pesawat dan infanteri.

Mayor Jenderal Iran Mohammad Hossein Bagheri mengumumkan pada hari Rabu bahwa Iran bermaksud untuk melakukan patroli angkatan laut di Laut Merah untuk melindungi pengiriman Iran.

Dua minggu lalu, surat kabar Arab yang berbasis di London, Al-Hayat melaporkan bahwa Israel dan Arab Saudi menekan Presiden AS Donald Trump untuk mengambil tindakan militer terhadap Iran sebelum masa jabatannya berakhir.

Laporan tersebut menyatakan bahwa rencana Iran untuk melanjutkan pengayaan uranium hingga 20 persen adalah pelanggaran kesepakatan nuklir Iran dan oleh karena itu merupakan dasar untuk serangan militer AS.

Pos terkait