Iran Merayakan, AS Mengecam Serangan Houthi ke Arab Saudi

Jurnalpatrolinews – Beirut : Iran sangat senang dengan serangan Houthi terbaru di Arab Saudi. Houthi menerima dukungan Iran dan rudal serta drone mereka didasarkan pada teknologi dan saran Iran.

Menurut Press TV Iran, Houthi “tentara mengatakan telah berhasil melakukan serangan drone lain terhadap fasilitas milik raksasa minyak Aramco di ibukota Saudi, Riyadh, sebagai pembalasan terhadap agresi militer kerajaan yang sedang berlangsung dan pengepungan terhadap tetangga selatannya.”

Sementara itu, AS tidak heran. Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengecam serangan baru-baru ini. “AS bergabung dengan komunitas internasional dalam menyerukan diakhirinya serangan Houthi terhadap Arab Saudi dan semua pihak untuk berkomitmen pada gencatan senjata. Upaya hari ini untuk mengganggu pasokan energi global dengan menyerang Aramco menunjukkan kurangnya perhatian terhadap keselamatan warga sipil. ”

Di Yaman, pemberontak Houthi mengatakan bahwa mereka menggunakan enam drone untuk menyerang fasilitas minyak Saudi dengan menggunakan “presisi tinggi.”

Ini terjadi pada Jumat subuh, kata mereka. Houthi mengatakan itu “sebagai pembalasan atas peningkatan kampanye militer dan blokade yang dipimpin Saudi” dan mereka mengklaim itu adalah “operasi keenam Shaaban …

Komando Umum Angkatan Bersenjata [Houthi] menegaskan bahwa operasinya terus berlanjut dan meningkat selama agresi dan pengepungan berlanjut. ”  (***/. dd – jpst)

Komentar