Iran Peringatkan Israel Untuk Tidak Melewati ‘Garis Merah’

Jurnalpatrolinews – Teheran : Iran memperingatkan Israel pada Senin untuk tidak melewati “garis merah” di Teluk pada hari-hari terakhir kepresidenan Donald Trump dan menyusul laporan penyebaran kapal selam Israel.

Juru bicara kementerian luar negeri Saeed Khatibzadeh menekankan republik Islam itu akan mempertahankan diri dari “petualangan” militer Amerika dalam persiapan penyerahan kekuasaan 20 Januari di Washington.

Pernyataan itu muncul seminggu setelah Angkatan Laut AS mengumumkan kapal selam nuklir sedang dikerahkan ke Teluk, dalam unjuk kekuatan baru yang diarahkan ke Iran.

Media di Israel sejak itu melaporkan bahwa kapal selam Israel telah melintasi Terusan Suez yang juga menuju Teluk, sebuah laporan yang belum dikonfirmasi atau dibantah secara resmi.

“Semua orang tahu apa arti Teluk Persia bagi Iran,” kata Khatibzadeh pada konferensi pers online.

“Semua orang tahu kebijakan [Teheran] mengenai keamanan dan keamanan nasional … Semua orang tahu betul seberapa tinggi risiko yang ditimbulkan jika garis merah Iran dilintasi.”

Teheran menuduh musuh regionalnya Israel bertanggung jawab atas beberapa operasi anti-Iran, termasuk pembunuhan ilmuwan nuklir Mohsen Fakhrizadeh bulan lalu.

 

Komentar