Jepang : Peluncuran Rudal Balistik Korea Utara Mengancam Perdamaian

Jurnalpatrolinews – Tokyo : Korea Utara meluncurkan dua rudal balistik ke laut dekat Jepang pada Kamis, kata perdana menteri Jepang, yang memicu ketegangan menjelang Olimpiade Tokyo dan meningkatkan tekanan pada pemerintahan Biden yang baru di Washington.
 
Rudal balistik Korea Utara dilarang berdasarkan Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan jika peluncuran itu dikonfirmasi, itu akan menjadi tantangan baru bagi upaya Presiden Joe Biden untuk terlibat dengan Pyongyang, yang sejauh ini telah ditolak.
 
Pemerintah Jepang mengatakan rudal itu terbang sekitar 450 km (280 mil) dan mendarat di luar zona ekonomi eksklusif Jepang.
 
“Peluncuran pertama hanya dalam waktu kurang dari satu tahun merupakan ancaman bagi perdamaian dan stabilitas di Jepang dan kawasan serta melanggar resolusi PBB,” kata Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dalam komentar yang disiarkan oleh penyiar publik NHK.
 
Jepang akan menjadi tuan rumah Olimpiade yang tertunda dan terkena pandemi dalam waktu kurang dari empat bulan.
 
Suga mengatakan dia akan memastikan Olimpiade yang aman dan terjamin dan “membahas secara menyeluruh” masalah Korea Utara termasuk peluncurannya dengan Biden selama kunjungannya ke Washington bulan depan.
 
Kepala Staf Gabungan Korea Selatan sebelumnya melaporkan sedikitnya dua “proyektil tak dikenal” ditembakkan ke laut antara semenanjung Korea dan Jepang dari Provinsi Hamgyong Selatan Korea Utara di pantai timur.
 
Badan intelijen Korea Selatan dan AS sedang menganalisis data peluncuran tersebut untuk mendapatkan informasi tambahan, kata JCS dalam sebuah pernyataan.
 
Gedung Biru kepresidenan Korea Selatan akan mengadakan pertemuan darurat dewan keamanan nasional untuk membahas peluncuran tersebut.
 
Pejabat AS mengonfirmasi Korea Utara melakukan peluncuran proyektil baru, tanpa memberikan rincian tentang jumlah atau jenis proyektil yang terdeteksi.
 
Penjaga pantai Jepang memperingatkan kapal agar tidak mendekati benda yang jatuh dan meminta mereka untuk memberikan informasi kepada penjaga pantai. (***/. dd – jpst)

Komentar