Kapal Perang Iran Secara Agresif Memotong Haluan Kapal Angkatan Laut AS di Perairan Internasional Teluk Persia Saat Ketegangan Meningkat

  • Whatsapp
Kapal Pengawal Revolusi Iran memotong di depan kapal Penjaga Pantai AS USCGC Monomoy di Teluk Persia (Foto : AP)

Jurnalpatrolinews – Beirut : Sebuah kapal perang Iran berulang kali melintasi haluan kapal militer AS di perairan internasional dalam ‘interaksi yang tidak aman dan tidak profesional,’ kata Angkatan Laut AS pada hari Selasa. 

Pertemuan tegang di Teluk Persia pada 2 April adalah insiden pertama dalam waktu sekitar satu tahun di tengah kekacauan yang lebih luas di kawasan itu atas kesepakatan nuklir yang compang-camping di Teheran.

Bacaan Lainnya

Gambar yang dirilis oleh Angkatan Laut menunjukkan sebuah kapal yang diperintahkan oleh Pengawal Revolusi paramiliter Iran dipotong di depan USCGC Monomoy, menyebabkan kapal Penjaga Pantai tiba-tiba berhenti dengan mesinnya dihisap pada 2 April.

Iran tidak segera mengakui insiden tersebut, yang tidak mengakibatkan cedera atau kerusakan.

“Awak AS mengeluarkan beberapa peringatan melalui radio bridge to bridge, lima ledakan pendek dari klakson kapal, dan sementara Harth 55 menanggapi pertanyaan radio bridge to bridge, mereka melanjutkan manuver yang tidak aman,” kata Rebarich. 

“Setelah sekitar tiga jam AS mengeluarkan peringatan dan melakukan manuver defensif, kapal (Iran) bermanuver menjauh dari kapal AS dan membuka jarak di antara mereka.”

Interaksi tersebut menandai insiden ‘tidak aman dan tidak profesional’ pertama yang melibatkan Iran sejak 15 April 2020, kata Rebarich. Namun, Iran sebagian besar telah menghentikan insiden semacam itu pada 2018 dan hampir sepanjang 2019, katanya.

(***/. dd – dlyml)

 

Pos terkait