Kata-kata Menlu Negeri Rusia Tentang Rudal AS Memicu Reaksi Kecemasan di Jepang

Jurnalpatrolinews – Tokyo : Warga Jepang sangat tidak mengerti tentang pernyataan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov tentang rudal Amerika di wilayah Jepang.

Jumat lalu, 12 Maret, Sergei Lavrov membuat pernyataan tentang prospek penyebaran rudal jarak menengah AS di Jepang. Selama konferensi pers, kepala departemen kebijakan luar negeri Rusia mencatat bahwa penyebaran amunisi semacam itu oleh Washington di wilayah Jepang akan memerlukan tanggapan yang setara dari Federasi Rusia.

Kata-kata diplomat Rusia ini menimbulkan reaksi kecemasan di media Jepang. Jurnalis menyebut pernyataan Lavrov sebagai peringatan ke Tokyo tentang konsekuensi dari keputusan tersebut. Pengguna jejaring sosial Jepang percaya bahwa pejabat Moskow menganggap rencana seperti itu sebagai ancaman, dan oleh karena itu Washington berisiko mengganggu stabilitas global dan regional jika rudal jarak menengah dikerahkan di Negeri Matahari Terbit itu.

Beberapa media Jepang menyarankan bahwa dengan cara ini Lavrov menunjukkan keinginan Federasi Rusia untuk menahan Amerika Serikat, karena Rusia dapat dengan mudah menanggapi dengan mentransfer rudal daratnya ke wilayah Timur Jauh.

(***/. dd – rycckienvst)

Komentar