Kesal Kanada Setop Kirim Senjata, Israel: Sejarah Akan Menilai!

JurnalPatroliNews – Kanada, – Keputusan Pemerintah Kanada yang akan menghentikan semua pengiriman senjata ke Israel, memicu kemarahan Negara Yahudi yang secara membabi buta, terus menerus melancarkan serangannya di Jalur Gaza.

Kini, Wilayah Palestina yang terkepung, tengah menghadapi krisis kemanusiaan yang semakin parah, menyebabkan ratusan ribu warga Gaza berada di ambang kelaparan.

Diketahui, Kanada merupakan sekutu utama Amerika Serikat, yang rutin memberikan bantuan militer miliaran dolar kepada Israel setiap tahunnya.

Saat ini, Kanada tidak lagi mengirimi senjatanya ke Israel, melainkan mengganti menjadi peralatan tidak mematikan seperti radio.

“Situasi di lapangan membuat kami tidak bisa mengekspor peralatan militer apa pun,” ujar seorang Pejabat Pemerintah Kanada yang tidak ingin disebutkan namanya kepada AFP, dikutip Rabu (20/3/24).

Bahkan, Melanie Joly, Menteri Luar Negeri Kanada, mengatakan kepada surat kabar Toronto Star, pada hari Selasa (19/3/24), bahwa Ottawa akan menghentikan ekspor senjata ke Israel di masa depan.

Israel mengecam keputusan itu, dan Katz, Menteri Luar Negeri Israel, menuturkan, keputusan tersebut “merusak hak Israel untuk membela diri melawan Hamas.”

“Sejarah akan menilai tindakan Kanada saat ini dengan keras,” ucapnya dalam sebuah postingan di platform media sosial X.

Komentar