Korsel Uji Coba Roket Buatan dalam Negeri Pertama Kalinya

  • Whatsapp
Peluncuran roket NURI buatan Korea Selatan/AP

JurnalPatroliNews – Jakarta – Korea Selatan melangkah maju dengan mengembangkan roket buatan dalam negeri. Bahkan Seoul mengujicobanya untuk pertama kali ada Kamis (21/10).

Roket KSLV-II NURI tampak dihiasi dengan bendera Korea Selatan ketika berada di landasan peluncuran Pusat Luar Angkasa Naro pada Kamis pukul 5 sore waktu setempat.

BACA JUGA :

Selama uji coba, roket membawa satelit tiruan, seperti dimuat Reuters.

Peluncuran itu secara tentatif dijadwalkan satu jam sebelumnya, tetapi para pejabat mengatakan mereka menghadapi penundaan dalam memeriksa katup di pesawat itu. Kondisi cuaca juga dipantau di tengah laporan angin kencang di bagian atas atmosfer.

“Roket itu sendiri tidak memiliki masalah,” kata wakil menteri pertama ilmu pengetahuan dan teknologi, Yong Hong-taek.

Diawasi oleh Korea Aerospace Research Institute (KARI), roket seberat 200 ton itu dipindahkan ke landasan peluncurannya pada Rabu (20/10) dan diangkat ke posisinya.

“Semua persiapan seperti tali pusar dan pemeriksaan rahasia telah dilakukan,” kata Kementerian Sains dan Teknologi dalam sebuah pernyataan.

Roket NURI dirancang untuk menempatkan muatan 1,5 ton ke orbit 600 km hingga 800 km di atas Bumi. Roket memiliki tiga tahap yang ditenagai oleh booster bahan bakar cair yang dibangun oleh afiliasi konglomerat Hanwha Korea Selatan, dengan sekelompok empat booster 75 ton di tahap pertama, booster 75 ton lainnya di tahap kedua, dan satu unit mesin roket 7 ton di tahap akhir.

Pos terkait