Laporan : Tentara Arab Suriah Bersiap Menyerang Kota Al-Bab Yang Diduduki Turki

Tentara Arab Suriah (SAA) sedang bersiap untuk meluncurkan operasi militer besar-besaran untuk membebaskan kota al-Bab di Aleppo utara dari pasukan Turki, beberapa sumber pro-pemerintah melaporkan pada 19 Februari.

Klaim datang menyusul penyebaran besar bala bantuan dari tentara korps ke 5 dan 25  Khusus Divisi Pasukan dekat al-Bab. Menurut sumber-sumber pro-pemerintah, lebih dari 300 tank tempur, kendaraan lapis baja, dan artileri telah dikerahkan di sana.

Mayor Youssef Hammoud, juru bicara Tentara Nasional Suriah yang didukung Turki, mengatakan kepada Enab Baladi bahwa sejumlah unit SAA dikerahkan di empat daerah dekat kota al-Bab.

Juru bicara itu tidak mengesampingkan kemungkinan SAA dan sekutunya, termasuk pasukan Rusia, melancarkan serangan darat mendadak ke kota.

“Kami tidak mempercayai pihak Rusia karena tidak dapat dipercaya, dan semua pemahaman yang dicapai dengannya tidak didasarkan pada rasa saling percaya,” kata Hammoud.

Militer Turki dan proksi-proksinya menduduki kota al-Bab setelah pertempuran sengit dengan ISIS, yang terjadi antara 2016 dan 2017. Sejak itu, keadaan tanpa hukum telah menguasai kota itu.

Kota Al-Bab terletak tepat di jalan raya M4, yang menghubungkan Suriah timur laut dengan wilayah utara dan pesisir negara itu. Hal ini menjadikan kota utara sangat penting bagi Damaskus. Pasukan Turki kemungkinan tidak akan menyerahkan kota itu tanpa pertarungan sengit.  (***/. dd – sthfrnt)

Komentar