Macron Menyebut Persaingan Vaksin Covid-19 Sebagai Jenis Perang Dunia Baru

Jurnalpatrolinews – Paris : Eropa menghadapi perang dunia jenis baru akibat tindakan Rusia dan China di bidang penyediaan vaksin untuk melawan COVID-19, kata Presiden Prancis Emmanuel Macron. Menurutnya, negara-negara Eropa perlu mengambil tindakan untuk tidak bergantung pada orang lain untuk mendapatkan vaksin.

“Kita dihadapkan pada jenis perang dunia baru, berurusan dengan tindakan Rusia dan China, mencoba mendapatkan pengaruh melalui pasokan vaksin,” – mengutip kata-kata dari surat kabar Mr. Macron Figaro .

“Kami membutuhkan kedaulatan dalam hal ini. Kita harus bisa memproduksi vaksin. Kami sekarang sedang bekerja untuk siap memproduksi vaksin generasi kedua, ”kata Presiden Prancis. Menurutnya, virus Corona tidak ke mana-mana, sehingga perlu dilakukan upaya agar UE dapat menahan strain COVID-19.

Sebelumnya, Sekretaris Negara Urusan Eropa Kementerian Luar Negeri Prancis, Clement Bon, mengatakan Prancis tidak menutup kemungkinan bisa mulai menggunakan vaksin virus corona Sputnik V Rusia pada Juni mendatang. Sebelum ini, obat tersebut harus lulus ujian European Medicines Agency.  (***/. dd – kommrsnt)

Komentar