Mantan Duta Besar Inggris : Masa Depan Brexit Inggris Tergantung Pada Hasil Pemilihan AS

  • Whatsapp
Foto : The London Economic

Jurnalpatrolinews – London : Masa depan hubungan Inggris dengan Uni Eropa akan ditentukan oleh presiden AS mana yang akan dipilih pada November, menurut mantan duta besar Inggris untuk UE.

Ivan Rogers, yang merupakan perwakilan permanen Inggris di Brussel dari 2013 hingga 2017, mengatakan kepada Observer bahwa Boris Johnson menunggu waktunya sampai setelah pemilihan untuk melihat jalan mana yang akan ia arahkan ke Inggris.

Bacaan Lainnya

Jika Donald Trump masuk maka dia dapat memilih untuk ‘tidak ada kesepakatan’ dengan UE, tetapi jika lawannya, Joe Biden menang maka dia akan dipaksa untuk hidup dengan “beberapa perjanjian perdagangan bebas minim yang sangat suboptimal (untuk Johnson)”.

Mantan duta besar untuk UE – yang mengundurkan diri di bawah kepemimpinan Theresa May karena ketidaksepakatan mengenai strategi Brexit – tetap melakukan kontak rutin dengan tokoh-tokoh senior pemerintah di ibukota UE.

Rogers mengatakan bahwa jika Trump menang, dia dan orang lain di Eropa percaya Johnson akan berpikir “sejarah sedang berjalan” dengan sekutu sayap kanannya masih di Gedung Putih.

Oleh karena itu, perdana menteri kemungkinan besar akan menyimpulkan bahwa dia dapat mencapai kesepakatan perdagangan AS-Inggris pasca-Brexit yang cepat dan substansial daripada jika Biden muncul sebagai presiden setelah jajak pendapat 3 November.

Sebaliknya, pemerintahan Biden akan memprioritaskan pembangunan kembali hubungan dengan UE yang telah dirusak oleh Trump.

Pos terkait