Memasuki Ramadhan, Mesir Minta Israel-Hamas Gencatan Senjata

JurnalPatroliNews – Mesir, – Memasuki Bulan Ramadhan, Mesir meminta agar gencatan senjata Israel-Hamas, segera dilakukan selama bulan suci umat Islam, yang akan berlangsung hingga April mendatang.

Dikutip dari Reuters, Mesir dilaporkan menghubungi anggota senior Hamas dan tokoh Israel, untuk memediasi dan memulai upaya Negosiasi di Jalur Gaza, pada Minggu (10/3/24) waktu setempat.

Diketahui, Qatar, Mesir, dan AS, tengah berusaha melakukan Negosiasi, agar kesepakatan gencatan senjata selama Ramadhan bisa terlaksana. Sebagai gantinya, tawanan Israel yang ditangkap kelompok Hamas bisa dibebaskan.

Seperti diinformasikan, bahwa perundingan terakhir telah digelar di Kairo pada akhir pekan lalu. Namun, Israel tak hadir dalam negosiasi tersebut.

Sementara, Mossad, komunitas Intelijen Israel, menyebut, pada Sabtu (9/3/24), Negosiasi masih terus berlangsung. Diharapkan, keputusan dapat disepakati sebelum awal Ramadhan.

UNRWA, Lembaga PBB untuk pengungsi Palestina, mengungkapkan, krisis kelaparan luar biasa, masih terjadi di Gaza di awal Ramadhan. UNRWA menuntut Israel, untuk segera menyetujui genjatan senjata.

Meski demikian, Aljazeera melaporkan, pasukan Israel terus berupaya menghalangi ratusan warga Palestina untuk memasuki masjid Al-Aqsa di malam Ramadhan.

Komentar