Meningkatnya Ketegangan Dengan AS, Iran Meluncurkan Latihan Rudal “Eqtedar 99”

Jurnalpatrolinews – Teheran : Militer Iran meluncurkan latihan rudal angkatan laut jarak pendek pada hari Rabu, TV pemerintah Iran melaporkan, pada saat ketegangan tinggi antara musuh bebuyutan Teheran dan Washington.

Iran memiliki salah satu program rudal terbesar di Timur Tengah, mengenai senjata seperti pencegah dan pembalasan penting terhadap AS dan musuh lainnya jika terjadi perang.

Barat melihat rudal Iran sebagai ancaman militer konvensional terhadap stabilitas regional dan kemungkinan mekanisme pengiriman senjata nuklir jika Teheran mengembangkannya.

Kapal perang buatan Iran Makran, yang oleh media pemerintah digambarkan sebagai kapal perang terbesar Iran dengan landasan helikopter, dan kapal peluncur rudal yang disebut Zereh (baju besi) ikut serta dalam latihan dua hari di Teluk Oman.

Ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran telah meningkat sejak 2018, ketika Presiden Donald Trump membatalkan kesepakatan nuklir 2015. Amerika Serikat mengembalikan sanksi keras untuk menekan Iran agar merundingkan pembatasan yang lebih ketat pada program nuklirnya, pengembangan rudal balistik , dan dukungan untuk pasukan proksi regional.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi konfrontasi berkala antara militer Iran dan pasukan AS di Teluk, di mana Teheran mengadakan latihan tahunan untuk menunjukkan kekuatan militer Republik Islam untuk menghadapi “ancaman asing.”

Komentar