Pejabat : Tersangka Jihadis Membunuh 12 Orang Dalam Serangan Yaman

Jurnalpatrolinews – Dubai, Empat warga sipil dan delapan tentara pro-pemerintah tewas di Yaman oleh tersangka pria bersenjata Al-Qaeda, yang meluncurkan granat dan menembakkan senapan mesin di sebuah pos pemeriksaan selatan pada Kamis fajar, kata seorang pejabat.

Para tersangka jihadis melarikan diri setelah melepaskan tembakan di provinsi selatan Abyan, kata pejabat itu kepada AFP, meminta untuk tidak disebutkan namanya.

“Itu adalah orang-orang bersenjata, yang diyakini dari Al-Qaeda, yang melancarkan serangan dengan senapan mesin dan RPG (granat berpeluncur roket), menewaskan delapan tentara dan empat warga sipil,” kata pejabat itu.

Pos pemeriksaan di distrik pesisir Ahwar diawaki oleh anggota Sabuk Keamanan, pasukan separatis Yaman selatan yang kuat.

Milisi didominasi oleh Dewan Transisi Selatan (STC), yang tahun lalu bergabung dengan pemerintah persatuan pembagian kekuasaan, memerangi pemberontak Houthi yang didukung Iran di utara negara itu.

Pasukan Sabuk Keamanan telah memainkan peran yang menentukan dalam perang melawan pasukan kelompok Al-Qaeda dan Daesh, memaksa mereka mundur dari kota ke daerah pedesaan.

Seorang pejabat STC dan petugas medis di Abyan mengkonfirmasi jumlah korban tewas, tetapi Al-Qaeda belum mengeluarkan pernyataan apa pun tentang serangan itu.

Al-Qaeda di Jazirah Arab (AQAP) lahir pada tahun 2009 antara cabang jaringan di Yaman dan Arab Saudi, saat mereka menghadapi serangan serangan militer AS dan regional.

Mereka kemudian memanfaatkan perang yang meletus di Yaman pada tahun 2014 antara pemerintah dan pemberontak Houthi, memperkuat kehadirannya di selatan negara itu, dan meluncurkan serangan terhadap kedua belah pihak.

Amerika Serikat, yang menganggap AQAP sebagai cabang kelompok teror paling berbahaya, telah melakukan kampanye serangan pesawat tak berawak selama dua dekade terakhir – sangat melemahkan kelompok teror tersebut.

Pesawat tempur AQAP diperkirakan berjumlah ribuan, menurut perkiraan AS pada 2019.  (***/. dd – dd – arbnws)

Komentar