Pembunuhan Tiga Mahasiswi dan Satu Mahasiswa Gemparkan AS, Mahasiswa S3 Kriminologi Jadi Tersangka

JurnalPatroliNews – Seorang mahasiswa strata tiga kriminologi telah ditangkap sebagai tersangka pembunuhan misterius tiga mahasiswi dan satu mahasiswa di Negara Bagian Idaho bulan lalu, kata kepolisian Amerika Serikat.

Bryan Christopher Kohberger, 28, ditahan di Pennsylvania, lebih dari 4.020 km dari tempat kejadian perkara (TKP), yaitu sebuah rumah kontrakan di Kota Moskow, dekat kampus Universitas Idaho.

Di lokasi tersebut, pada 13 November, Xana Kernodle, Ethan Chapin, Kaylee Goncalves, dan Madison Mogen ditemukan tewas ditikam di tempat tidur mereka. Beberapa dari mereka, yang semuanya berusia 20 atau 21 tahun, mengalami luka yang khas akibat membela diri.

Pemeriksaan post-mortem menemukan keempatnya mungkin sedang tidur ketika mereka diserang. Polisi mengatakan tidak ada bukti kekerasan seksual.

Selama berminggu-minggu setelah kematian keempat korban tersebut, para anggota keluarga telah menyuarakan rasa frustrasi mereka dengan perkembangan penyelidikan.

Kohberger ditangkap di dekat Kota Scranton, Negara Bagian Pennsylvania, pada Jumat (30/12) oleh kepolisian negara bagian dan agen FBI. Dia dilacak hingga ke rumah orang tuanya di Albrightsville, kata para pejabat kepada CBS.

Dia diperkirakan akan diekstradisi ke Idaho, telah menghadap hakim dan ditahan tanpa jaminan.

Jaksa Wilayah Latah, Bill Thompson, mengatakan dalam konferensi pers bahwa tersangka menghadapi empat dakwaan pembunuhan tingkat pertama dan perampokan.

Tersangka disebut berstatus mahasiswa PhD atau strata tiga di bidang peradilan pidana dan kriminologi di Universitas Washington State.

Kaylee Goncalves dan Madison Mogen merupakan sahabat, kata orang tua mereka.

Kampusnya di Kota Pullman, Negara Bagian Washington – yang juga kota tempat tinggalnya – berjarak 10 mil berkendara dari Kota Moskow, Idaho.

“Ini adalah kasus yang rumit dan luas,” kata kepala polisi Moskow, James Fry, dengan nada emosional.

“Rangkaian pembunuhan tersebut telah mengguncang komunitas ini dan tidak ada penangkapan yang akan mengembalikan para mahasiswi muda ini,” katanya kepada wartawan.

Polisi tidak mengungkap motif Kohberger. Alasannya, mereka perlu merahasiakan detil tertentu untuk menguatkan dakwaan di persidangan. Mereka mengatakan sedang menyelidiki apakah tersangka mengenal para korban.

James Fry mengatakan sejauh ini pihaknya telah meninjau lebih dari 19.000 masukan dari publik.

Awal bulan ini, terobosan besar mengemuka setelah para penyelidik meminta bantuan masyarakat untuk menemukan mobil Hyundai Elantra putih yang terlihat di dekat rumah para korban pada hari pembunuhan.

Komentar