Pentagon Memperingatkan China Tentang ‘Salah Perhitungan’ Atas Tindakan di Perairan Jepang

  • Whatsapp
Kapal Penjaga Pantai China berpatroli di laut di sekitar China. (Foto : Newsweek)

Jurnalpatrolinews – Washington : Pemerintah AS menuntut China berhenti menyusup ke perairan teritorial Jepang di lepas pantai Kepulauan Senkaku di Laut China Timur, kata juru bicara Departemen Pertahanan, Selasa.

“Kami jelas mendukung Jepang dalam kedaulatan itu,” kata sekretaris pers Pentagon John Kirby kepada wartawan. “Kami akan mendesak China untuk menghindari tindakan, menggunakan kapal penjaga pantai mereka, yang dapat menyebabkan kesalahan perhitungan dan potensi kerusakan fisik, jika tidak – dan kerugian material.”

Bacaan Lainnya

Pada hari Minggu, dua kapal Haijing dari penjaga pantai Tiongkok mendekati sebuah kapal nelayan Jepang di perairan sekitar Kepulauan Senkaku yang dikelola Jepang, yang diklaim oleh Beijing.

Pemerintah Jepang dan AS telah menyatakan keprihatinan atas undang-undang baru China, yang diberlakukan awal bulan ini, untuk mengizinkan penjaga pantai China menggunakan kekerasan terhadap organisasi atau individu asing atas apa yang dipandang Beijing sebagai pelanggaran kedaulatan atau yurisdiksi.  (***/. dd – jen.jiji)

Pos terkait