Perlombaan Senjata : Swedia Bersiap Untuk Perang

Jurnalpatrolinews – Stockholm : Swedia telah mengumumkan program persenjataan ekstensif yang akan menghasilkan peningkatan pengeluaran pertahanan di tahun-tahun mendatang.

Situasi keamanan telah memburuk sehingga akan menjadi kesalahan untuk mengesampingkan serangan militer di Swedia dan tindakan militer di wilayahnya, kata Menteri Pertahanan negara itu Peter Hultwist dalam wawancara dengan surat kabar “Dagens Nyheter”, mengomentari surat kabar yang baru-baru ini disetujui. dari pengeluaran militernya.

“Kami bertindak dengan anggapan bahwa situasi kebijakan keamanan terus memburuk,” katanya.

Meskipun di masa lalu pihak berwenang menganggap serangan terhadap Swedia “sangat tidak mungkin”, sekarang parlemen dan pemerintah mengatakan skenario seperti itu tidak boleh dikesampingkan dan bahwa konflik besar dapat “dimulai dengan serangan terhadap Swedia”. Seperti yang dikemukakan oleh Menteri Pertahanan negara.

Musuh dapat menyerang Swedia untuk “menciptakan kekacauan dan menekan keinginan untuk melawan” dengan menggunakan berbagai cara, dari rudal balistik hingga serangan dunia maya, kata pemerintah, menambahkan bahwa bagian dari tanah Swedia bisa “berada dalam militer yang brutal. aksi dan mobilisasi “.

Banyak orang Swedia tidak dapat menemukan jawaban atas pertanyaan mengapa seseorang menyerang Swedia. Meski demikian, menteri menjelaskan, antara lain, peningkatan belanja militer disebabkan oleh “tindakan pihak Rusia”, tetapi ia menekankan bahwa dia tidak ingin mulai menunjukkan kemungkinan penyerang.

Tanggapan Moskow

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan dalam menanggapi inisiatif legislatif Swedia bahwa “fobia anti-Rusia” adalah “hasil dari tekanan dari luar Stockholm”, terutama dari NATO.

Menurut kementerian, Aliansi Atlantik Utara bertanggung jawab atas “meningkatnya ketegangan dan peningkatan aktivitas militer di kawasan Eropa Utara, yang hingga saat ini merupakan salah satu yang paling stabil di dunia.”

Bagaimanapun, juru bicara itu menekankan bahwa itu adalah hak kedaulatan Swedia untuk menentukan strategi keamanan nasionalnya sendiri. Namun, “peningkatan tajam dalam anggaran militer, sebanding dengan Perang Dingin, hanya dapat meningkatkan ketegangan”.

Moskow telah berulang kali menekankan bahwa Rusia bukanlah ancaman bagi negara lain, tetapi akan selalu memprioritaskan kepentingan nasionalnya dan tidak akan pernah mentolerir agresi dari orang lain, mengungkapkan keprihatinan tentang peningkatan kehadiran militer NATO, termasuk latihan skala besar reguler. di Eropa, kata Sakharov.

Komentar