Turki Merayakan Kemenangan Azeri Melawan Armenia

Jurnalpatrolinews – Ankara : Turki pada Selasa mengatakan kesepakatan untuk mengakhiri lebih dari sebulan pertempuran di Nagorno-Karabakh telah mengamankan keuntungan penting bagi sekutu dekatnya Azerbaijan dalam konflik dengan Armenia.

Perjanjian tersebut, yang ditandatangani oleh Rusia, Armenia dan Azerbaijan, menyusul pertempuran sengit selama enam minggu dan kemajuan pasukan Azeri. Pada hari Minggu, Azerbaijan mengumumkan kemenangan di kota terbesar kedua di kawasan itu.

“Azerbaijan persaudaraan telah mencapai keuntungan penting di medan pertempuran dan meja. Saya dengan tulus mengucapkan selamat atas kesuksesan suci ini, ”kata Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu di Twitter. “Kami akan terus menjadi satu bangsa, satu semangat dengan saudara-saudara Azeri kami.”

Turki telah menuduh Armenia menduduki tanah Azeri dan menjanjikan solidaritas penuh dengan Azerbaijan, yang memiliki hubungan erat dengan etnis Turki.

Berdasarkan kesepakatan itu, penjaga perdamaian Rusia akan dikerahkan di sepanjang garis depan di Nagorno-Karabakh dan koridor antara wilayah tersebut dan Armenia. Presiden Azeri Ilham Aliyev mengatakan Turki juga akan mengambil bagian dalam proses pemeliharaan perdamaian.

Komentar