Utusan Israel di PBB Mendesak Dewan Keamanan untuk Mengambil ‘Tindakan Segera’ Melawan Penumpukan Hizbullah di Lebanon Selatan

  • Whatsapp

Jurnalpatrolinews – New York : Utusan Israel untuk PBB mendesak Dewan Keamanan pada hari Selasa untuk mengambil “tindakan segera” terhadap “pembangunan militer dan kegiatan yang sedang berlangsung di Lebanon selatan” yang didukung oleh Hizbullah Iran.

Dalam surat resmi kepada 15 anggota badan tersebut, Duta Besar Gilad Erdan menulis, “Hizbullah menggunakan perisai manusia untuk melindungi persenjataannya lebih dari 130.000 roket dan infrastruktur militer. Ini secara sistematis mencabut kemampuan UNIFIL untuk menjalankan mandatnya dengan membatasi kebebasan bergerak organisasi dalam upaya menyembunyikan aktivitasnya. “

Bacaan Lainnya

“Dewan Keamanan harus segera menyatakan Hizbullah sebagai organisasi teroris dan mencegahnya menerima bantuan langsung atau tidak langsung,” dia melanjutkan.

Surat itu dikirim setelah Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyerahkan laporan triwulanan tentang implementasi Resolusi PBB 1701, yang mengakhiri Perang Lebanon Kedua pada tahun 2006.

Laporan tersebut mencatat bahwa pembangunan militer Hizbullah melanggar Resolusi 1701 dan meminta pemerintah Lebanon untuk memastikan pelucutan senjata semua kelompok bersenjata di negara itu.

Pos terkait