William Shatner Berhasil Menjadi Orang Tertua yang Pergi ke Luar Angkasa – ‘Sungguh tak Bisa dipercaya’

JurnalPatroliNewsAktor Hollywood William Shatner menjadi orang tertua yang pergi ke luar angkasa, setelah terbang dengan kapsul sub-orbital milik perusahaan Amerika, Blue Origin.

Pria berusia 90 tahun itu, yang memerankan tokoh Kapten James T Kirk dalam film dan serial televisi Star Trek, lepas landas dari Texas bersama tiga orang lainnya.

Perjalanan Shatner dalam sistem roket yang dikembangkan oleh pendiri Amazon.com Jeff Bezos itu berlangsung selama sekitar 10 menit.

Pesawat mendarat dengan selamat tepat setelah pukul 10:00 waktu setempat (Rabu, 23:00 WIB).

Para kru di atas pesawat merasakan periode singkat tanpa bobot ketika sampai di ketinggian maksimum tepat di atas 100km (60 mil). Dari sana mereka dapat melihat kelengkungan Bumi melalui jendela.

“Semua orang di dunia perlu melakukan ini,” kata sang aktor asal Kanada kepada Bezos setelah mendarat kembali di Bumi. “Sungguh tak bisa dipercaya.”

Ia menambahkan, sambil menangis: “Apa yang Anda berikan kepada saya adalah pengalaman paling berkesan. Saya sangat penuh dengan emosi setelah apa yang baru saja terjadi.

Tiga orang lainnya yang ikut ke luar angkasa bersama Shatner adalah Audrey Powers, wakil presiden Blue Origin; Chris Boshuizen, salah satu pendiri perusahaan satelit pencitraan Bumi Planet; dan Glen de Vries, seorang eksekutif di perusahaan perangkat lunak kesehatan Prancis Dassault Systèmes.

Sebelum terbang, mereka diberi pelatihan selama beberapa hari, meskipun tidak ada hal penting yang mereka lakukan selama penerbangan selain menikmatinya. Sistem roket dan kapsul, yang diberi nama New Shepard, sepenuhnya otomatis.

Ketika kapsul mendarat di gurun Texas, ia segera dikerumuni oleh tim darat. Bezos sendiri membuka palka untuk mengecek apakah semua orang di dalamnya baik-baik saja.

Setelah perayaan dengan keluarga dan teman-teman, para kru kemudian berbaris untuk menerima pin astronot dari Blue Origin.

Ini adalah rombongan turis luar angkasa kedua yang dibawa New Shepard. Penerbangan pertama, pada 20 Juli, membawa Bezos, saudaranya Mark, remaja Belanda Oliver Daemen; dan penerbang terkenal Wally Funk.

Saat itu, Funk, yang berusia 82 tahun, mengklaim rekor sebagai orang tertua di luar angkasa -gelar yang sekarang telah berpindah ke Shatner.

Komentar