Yunani vs Turki : Jet tempur F-16 Yunani Melecehkan Kapal TCG Çeşme Milik Turki di Aegean

  • Whatsapp
Jet tempur dari Angkatan Udara Yunani telah 'mengganggu' sebuah kapal penelitian Turki (Foto : Gertty Image)

Jurnalpatrolinews – Ankara : Turki menuduh militer Yunani “melecehkan” kapal penelitian Turki di Laut Aegea.

Kementerian Pertahanan Turki mengatakan bahwa empat pesawat tempur F-16 Yunani telah terbang dekat dengan kapal TCG Cesme, yang sedang melakukan “penelitian teknis dan ilmiah” di perairan internasional.

Bacaan Lainnya

Salah satu jet tempur tersebut diduga telah terbang “pada ketinggian 1.000 meter” dan menjatuhkan suar “dua mil laut” dari kapal Turki.

Insiden itu terjadi di dekat pulau Lemnos, Yunani, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

“Sayangnya ini adalah salah satu tindakan pelecehan yang sering dilakukan oleh tetangga kami di Yunani,” kata Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar kepada pers.

Tanpa merinci lebih lanjut, Akar mengatakan bahwa Turki telah memberikan “respon yang memadai” atas tindakan tersebut.

Kementerian Pertahanan Yunani membantah bahwa “pelecehan” semacam itu terjadi, dengan menyatakan bahwa tidak ada pesawat tempur Yunani yang mendekati kapal Cesme.

Angkatan Udara Yunani sedang melakukan latihan di Laut Aegea pada hari Selasa tetapi kementerian mengatakan telah mengambil “jauh” dari daerah tempat kapal Turki itu beroperasi.

Turki dan Yunani telah melanjutkan pembicaraan mengenai hak energi di Mediterania timur bulan lalu, yang bertujuan untuk menyelesaikan perselisihan berkepanjangan antara kedua negara anggota NATO.

Meskipun ada peringatan dari Uni Eropa, Ankara telah menyelenggarakan beberapa misi eksplorasi gas di perairan Yunani, yang memicu krisis diplomatik.

Turki baru-baru ini mengirimkan TCG Cesme di laut Aegean hingga 2 Maret untuk survei hidrografi gempa bumi, tetapi Yunani menggambarkan misi tersebut sebagai tindakan provokatif.  (***/. dd – euronews)

Pos terkait