4.123 Pemudik Positif Covid-19 dan Terus Bertambah, Satgas: Hasil Testing Random

JurnalPatroliNews – Jakarta,–  Sebanyak 4.123 pemudik terdeteksi positif terjangkit Covid-19. Data tersebut diungkapkan Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. 

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, jumlah tersebut hasil dari skrining random yang dilakukan oleh Polri bersama Satgas daerah untuk pelaksanaan PPKM Mikro.

“Jadi intinya begini, skrining yang dilakukan oleh Polri dari beberapa operasinya, termasuk juga dari bantuan Polri melakukan testing di PPKM Mikro itu digabung menjadi satu, kebetulan angkanya sekitar 4.000 tersebut,” ujar Wiku, Jumat (14/5).

Wiku menyebutkan angka ini akan terus bertambah. Apalagi, Satgas akan menerapkan random testing bagi pemudik saat arus balik.

“Itulah yang disampaikan Pak Menko dan itu tetap akan bertambah terus tentunya, pembaginya tentu juga akan berkembang,” katanya.

Namun demikian, Wiku meminta data ini bukan hanya dilihat sebagai angka positif saja.

“Mohon jangan dilihat sebagai yang positif dan itu dilakukannya hanya di masa mudik saja, peniadaan mudik saja itu adalah yang benar, bukan begitu. Jadi ini adalah pengumpulan data,” imbuhnya.

“Dan untuk detailnya mungkin dari perhubungan kalau sudah ada datanya mungkin bisa disampaikan berapa dari random testing tersebut yang akhirnya jadi positif dari seluruhnya yang di-testing,” sambung Wiku.

Pada prinsipnya, kata Wiku, yang harus menjadi perhatian adalah memastikan para pemudik sehat sehingga tidak berpotensi menjadi penularan Covid-19.

“Mungkin perhatian kita adalah memastikan bahwa penyekatan-penyekatan yang terjadi dan memastikan di setiap titik mereka tidak memaksakan untuk pergi kalau nggak sehat itu adalah maksud kami,” ujarnya.

“Jangan sampai nanti semuanya yang sakit akhirnya dites juga positif. Maka dari itu skriningnya yang kita lakukan sekarang itu berlapis sejak dari tempat keberangkatan,” pungkasnya.

(askara)

Komentar