Indonesia Kedatangan Vaksin Novavax

JurnalPatroliNews – Indonesia kembali menerima kedatangan vaksin Covid-19 yang tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Sabtu (27/11/2021) malam.

Kedatangan vaksin yang dibawa menggunakan maskapai Emirates Cargo merupakan vaksin tahap ke-135.

Plt Dirjen Pencegahan, Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan (P2P) Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, sebanyak 134.500 vaksin Novavax adalah bagian dari rencana 10 juta dosis vaksin Covid-19.

“Vaksin Novavax ini merupakan vaksin Covid-19 dengan platform protein sub unit. Di mana vaksin ini, protein yang direkayasa dari urutan genetik SARS-CoV-2 ditambahkan dengan matriks m berbasis saponin,” ujar Maxi dalam jumpa pers dari Youtube Sekretariat, Sabtu (27/11/2021).

Maxi menuturkan, kedatangan vaksin Novavax ini untuk memperkuat pencapaian program imunisasi vaksinasi dalam pencapaian herd immunity.

Pihaknya berharap dapat mengamankan dari total sekitar 412 juta dosis vaksin Covid-19 dengan berbagai strategi.

“Kita tahu bersama dilakukan dengan beberapa strategi, ada strategi bilateral multilateral maupun eksplorasi dari kemampuan produksi vaksin dalam negeri yang mudah-mudahan tahun depan kita bisa gunakan produksi vaksin dalam negeri,” papar Max.

Selain itu, Max mengungkapkan berdasarkan data diperoleh Kemenkes, tingkat keamanan dan efikasi dari vaksin Novavax dalam mencegah Covid-19 sebesar 89,7% terhadap virus Alpha atau B117 dan 96,4% terhadap virus varian non B117.

“Jadi vaksin Novavax ini diberikan dosis 5 mikrogram sebanyak 2 kali dengan waktu pemberian 21 hari. Jadi Hampir sama dengan vaksin Sinovac dan Pfizer, untuk jaraknya,” ungkap dia.

Dalam kesempatan itu, Max menyebut bahwa per 26 November 2021 Indonesia telah menerima 317,4 juta dosis vaksin dan diharapkan mendukung upaya pemerintah agar tercapai herd immunity.

“Indonesia telah menerima jumlah vaksin sebanyak 317,4 juta dosis vaksin yang kita harapkan dapat mendukung upaya pemerintah sampai akhir tahun ini kita harapkan minimal 75% dosis 1 ini akan kita capai dan 60% dosis 2 sampai dengan akhir tahun ini,” katanya menambahkan.

(Alfrits Semen)

Komentar