Kapal Rumah Sakit TNI AL Siap Angkut Bantuan untuk Gaza

JurnalPatroliNews – Jakarta – Setibanya di Jakarta, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 bersiap untuk angkut bantuan bagi masyarakat sipil korban perang di Gaza, yang telah terkumpul di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (30/11) kemarin. Sejak bulan lalu TNI AL telah membuka Posko Bantuan Kemanusiaan yang terkonsentrasi di Koarmada II Surabaya dan Kolinlamil Jakarta. 
 

TNI Angkatan Laut telah menyiapkan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992, dengan melaksanakan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan kondisi teknis dalam kondisi siap, serta merubah warna. Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) ini telah dicat berwarna putih sebagaimana diatur dalam ketentuan internasional, yaitu Konvensi Jenewa dan San Remo Manual, bahwa kapal rumah sakit untuk misi kemanusiaan berwarna putih.

“Penggantian warna tersebut telah dilaksanakan selama satu minggu di Surabaya,” ungkap Komandan KRI Kolonel Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono. Selain mengirimkan bantuan, KRI dr. Radjiman

Wedyodiningrat-992 rencananya juga akan menyediakan layanan kesehatan dengan mengerahkan sejumlah tenaga kesehatan.Sebelumnya, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 telah berlayar dari Surabaya menuju Jakarta dengan membawa bantuan Masyarakat Indonesia bagi korban konflik di Gaza Palestina yang telah terkumpul di Posko penyaluran bantuan Koarmada II Surabaya. 

Komentar