Kerja Sama dengan Berbagai Pihak, Pemprov DKI Sediakan Posko Isi Ulang Tabung Oksigen Gratis di Monas

JurnalPatroliNewsJakarta – Oxygen rescue atau oksigen disebut sedang langka di pasaran. Banyak warga rela mengantre untuk mendapatkan oksigen. Pun demikian dengan ketersediaan oksigen sejumlah di rumah sakit.

Terkait hal itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan posko oxygen rescue atau isi ulang oksigen gratis di kawasan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat.

Pelaksana tugas (Plt) Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi DKI Jakarta, Suharti mengatakan, penyediaan posko isi ulang oksigen gratis itu untuk memberikan kemudahan bagi semua rumah sakit, baik RSUD maupun RS Swasta di ibu kota dalam memenuhi kebutuhan oksigen yang makin besar.

Disebutkan, ketersediaan oksigen pada posko itu adalah hasil kolaborasi Pemprov DKI dengan berbagai pihak.

“Saat ini sedang berjalan kolaborasi dengan PT Krakatau Steel di Cilegon,” kata Suharti, dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (5/7).

Suharti menjelaskan, bantuan isi ulang oksigen dari PT Krakatau Steel yang dialokasikan sekitar 300 tabung ukuran enam meter kubik setiap harinya.

Setiap rumah sakit di Jakarta mendapat jatah pengisian sepuluh tabung oksigen gratis ukuran besar.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Purwadi mengungkapkan, pengisian tabung oksigen di posko tersebut. Pihak rumah sakit mengantarkan sepuluh tabung oksigen kosong ke posko di kawasan Monas.

“Pengangkutan tabung oksigen Jakarta-Cilegon menggunakan satu truk crane dari Dinas Sumber Daya Air, serta satu truk crane dan satu dump truk dari Dinas Bina Marga. Setiap perjalanan dari dan menuju Cilegon akan dipandu oleh patwal dari Dinas Perhubungan,” ujar Purwadi.

Tabung oksigen yang telah diisi dibawa kembali ke Monas, kemudian pihak rumah sakit dapat mengambilnya.

Diperkirakan butuh waktu lima jam untuk satu kali proses pengiriman puluhan hingga ratusan tabung oksigen dari Monas ke Cilegon hingga kembali lagi ke posko.

Komentar