Luhut Ungkap Skenario Pemerintah Jika Kasus Harian Covid-19 Memburuk

JurnalPatroliNews Jakarta – Pemerintah telah menyiapkan tindakan antisipasi serta skenario jika kasus harian Covid-19 di Tanah Air terus memburuk.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan menyebutkan, salah satu skenario itu, yakni suplai oksigen. Skenario ini dilakukan jika kasus covid-19 mencapai 70 ribu per hari.

“Oksigen sampai hari ini sudah kami hitung sudah dibuat skenario oleh tim bisa sampai 50 ribu mungkin malah paling jelek kita sudah bikin sampai 60 ribu, 70 ribu kasus per hari, tapi kita tidak berharap itu terjadi,” ujar Luhut, dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa (6/7).

Luhut juga mengaku menyiapkan skenario jika kasus harian covid-19 mencapai 40 ribu. Pemerintah membuat strategi distribusi obat-obatan dan menambah kapasitas rumah sakit.

Penambahan fasilitas kesehatan itu melalui Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.  “Sudah siap hari Kamis, 8 Juli 2021 dan mampu menampung lebih dari 800 pasien,” katanya.

Selain itu, TNI dan Polri mengerahkan rumah sakit darurat di Jakarta dan Surabaya. Pemerintah akan terus mematangkan skenario untuk hal terburuk.

“Pemerintah juga memperhatikan keadaan di luar Jawa karena mulai ada yang bergejolak jadi kita amati dengan cermat dan tidak perlu ada kekhawatiran berlebihan,” tandasnya.

Komentar