Friendly Match RI vs Argentina Bikin Erick Thohir Girang, UMKM Senayan Banjir Cuan

JurnalPatroliNews – Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merasa senang dengan terselenggarannya Friendly Match Indonesia vs Argentina. Pasalnya, momentum ini bisa dimanfaatkan untuk mendorong perekonomian para pelaku UMKM.

Melalui unggahannya di akun Instagram pribadinya @erickthohir, Erick menyampaikan dukungannya dalam menyambut laga yang diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

“Friendly match Indonesia vs Argentina tidak hanya meningkatkan potensi sepak bola tanah air namun juga menggerakkan roda ekonomi para pelaku UMKM yang berdagang di sekitar Senayan, Jakarta,” tulis Erick dalam unggahan tersebut, Rabu (21/6/2023).

Hal ini juga didukung oleh hasil penelitian Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia yang memprediksikan pertandingan ini berpotensi mendorong perputaran uang hingga Rp 1 triliun.

“Hal ini dituangkan dalam hasil riset Simulasi Potensi Dampak Ekonomi Penyelenggaraan FIFA Matchday Indonesia vs Argentina,” imbuhnya.

Erick menilai, sepak bola bukanlah olahraga biasa. Menurutnya, sepak bola terbukti mampu menyatukan dan menghidupkan sendi-sendi perekonomian rakyat.

Sebagai tambahan informasi, dari hasil penelitian tersebut LPEM FEB UI memprediksi perputaran uang Rp 965 miliar dari pertandingan sepak bola Indonesia vs Argentina yang masuk ke dalam agenda FIFA Matchday ini.

Dari total perputaran uang tersebut, LPEM FEB UI memprediksi tercipta nilai tambah ekonomi (PDB) sebesar Rp 495 miliar. Penelitian LPEM FEB UI itu dilakukan oleh Yusuf Reza Kurniawan, Mohamad Dian Revindo, dan Calista Endrina Dewi.

Nilai tambah ekonomi yang terjadi, diperkirakan tercipta pula tambahan pendapatan rumah tangga pekerja Rp 188 miliar. LPEM FEB UI juga mencatat terdapat potensi pendapatan pajak tidak langsung bagi pemerintah sebesar Rp 28 miliar.

Indonesia Vs Argentina juga dinilai dapat menyediakan ribuan lapangan kerja secara temporer. LPEM FEB UI mencatat potensi penciptaan kesempatan kerja pada gelaran sepak bola ini ada sekitar 5.719 orang.

Komentar