Seberapa Parah Utang Tersembunyi Indonesia pada China?

Dengan menggunakan sumber terbuka, para peneliti menilai bahwa 35 persen dari portofolio proyek infrastruktur BRI, yang melibatkan 140 negara, telah menghadapi masalah implementasi besar, seperti skandal korupsi, pelanggaran perburuhan, kerusakan lingkungan dan protes publik.

Laporan tersebut juga menemukan bahwa beban utang China secara substansial lebih tinggi daripada yang dipahami sebelumnya, yang memungkinkan Beijing untuk mengekstraksi pertukaran politik dan ekonomi.

Dalam laporan itu, Indonesia berada di urutan keempat dalam daftar ODA dengan 4,42 miliar dolar AS, di belakang Irak, Korea Utara dan Ethiopia, dan keenam di antara negara-negara OOF dengan 29,96 miliar dolar AS, terutama terdiri dari pinjaman dan kredit ekspor dengan harga mendekati harga pasar. Dalam kategori itu, ia membuntuti Rusia, Venezuela, Angola, Brasil, dan Kazakhstan.

Laporan AidData mencantumkan 72 proyek BRI Indonesia dengan nilai total 21 miliar dolar AS. Dikatakan sembilan dari proyek itu, senilai 5,2 miliar dolar AS, telah dinodai oleh skandal, kontroversi atau dugaan pelanggaran. Empat terkait langsung dengan “kesalahan keuangan”.

Komentar