Bulan Bung Karno: Belasan Kader PKK Buleleng Ikuti Lomba Baca Puisi dan Pidato

JurnalPatroliNews.co.id – Singaraja,- Sebanyak 18 orang peserta dari perwakilan kader PKK seluruh Kecamatan se-Kabupaten Buleleng mengikuti lomba pidato dan lomba baca puisi, serangkaian peringatan Bulan Bung Karno V bertempat di Gedung Laksmi Graha, Selasa (20/6/2023).

Mewakili Pj. Bupati Buleleng, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Buleleng, Komang Kappa Tri Aryandono dalam sambutannya menyampaikan lomba pidato untuk mengenang kembali nilai-nilai, dedikasi semangat perjuangan Bung Karno untuk Bangsa Indonesia serta dedikasi kita pada jaman sekarang untuk melanjutkan perjuangan beliau.

“Lomba ini dilaksanakan untuk lebih mengingatkan pada masyarakat luas khususnya generasi muda atau millenial terhadap jasa-jasa Bung Karno,” tegasnya.

Kegiatan Bulan Bung Karno juga sebagai upaya memperkuat pengamalan Pancasila dalam bingkai kearifan lokal masyarakat. Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia mempunyai implikasi bahwa Pancasila terikat oleh suatu kekuatan secara hukum, oleh struktur kekuasaan secara formal dan meliputi suasana kebatinan atau cita-cita hukum yang menguasai dasar negara.

Di pengujung, Kaban Kappa berharap sekaligus berkeyakinan bahwa generasi muda kita akan dengan sukacita memikul tanggungjawab ideologi tersebut. karena sesungguhnya pada generasi muda inilah dititipkan masa depan Indonesia yang kita cita-citakan bersama.

Di sisi lain ketua panitia pelaksana, Ny. Ayu Wardhany yang juga selaku Sekretaris TP PKK Kabupaten Buleleng mengatakan PKK sebagai gerakan masyarakat yang diwadahi dalam Tim Penggerak PKK, selama ini telah aktif berperan sebagai mitra pemerintah dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan keluarga dan masyarakat.

Sejalan dengan hal tersebut dan sesuai dengan program kerja tim penggerak PKK maka perlu dilaksanakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan 10 program pokok PKK di antaranya kegiatan lomba pidato dan baca puisi yang bertemakan tentang ajaran Bung Karno dengan maksud untuk menggelorakan semangat perjuangan Bung Karno di masyarakat dan menjalin kerjasama dan keakraban di antara anggota dan kader PKK.

Ditambahkannya, peserta lomba kali ini merupakan kader PKK desa / kecamatan dari 9 kecamatan se-Kabupaten Buleleng dengan menghadirkan juri dari unsur akedemisi dan seniman Kabupaten Buleleng.

Komentar