Daftar Wilayah Terdampak Gempa di Jatim

JurnalPatroliNews – Jatim,– Gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Malang sebelumnya dikabarkan berkekuatan Magnitudo 6,7 tetapi Badan Meteorlogi, Klimatologi, dan Geofisika melakukan pemutakhiran data. BMKG meralat gempa tersebut bermagnitudo 6,1.

Gempa tersebut membuat sebagian daerah di Jawa Timur berguncang. Beberapa di antaranya merasakan getaran sedang dan sebagian lainnya mengalami guncangan hebat.

Kalaksa BPBD Jatim Yanuar Rachmadi menjelaskan, gempa yang terjadi pada Sabtu (10/4) pukul 14.00 WIB itu dirasakan dengan skala IV-V MMI di Kota Malang dan Kabupaten Malang. Dia menyebutkan, getaran tersebut hampir dirasakan semua penduduk, seperti banyak yang terbangun saat tidur, gerabah pecah, barang-barang terpelanting.

“Kemudian tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng tidak dapat berhenti,” ujar Yanuar dalam siaran pers.

Selain di Malang, getaran juga dirasakan di Kabupaten Blitar, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Sumenep, Kabupaten Madiun, Ponorogo, Pacitan, Kota Batu dan Tuban.

“Di daerah-daerah tersebut gempa dirasakan dengan skala III MMI yang getarannya dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” kata Yanuar.

Yanuar menjelaskan, gempa bumi yang terjadi saat itu berpusat di laut dengan jarak 96 kilometer ke arah selatan Kabupaten Malang dengan kedalaman 80 kilometer.

“Saat ini BPBD Provinsi Jatim berkoordinasi dengan 38 kabupaten/kota untuk perkembangan terkait dampak yang ditimbulkan akibat gempa tersebut,” kata Yanuar. (jpnn) 

Komentar