Gempa Hebat Guncang Tuban, BMKG Rilis Data Terbaru Magnitudo 6,5

JurnalPatroliNews – Tuban – Gempa dengan kekuatan yang lebih kuat sekali lagi mengguncang wilayah Tuban, Jawa Timur, memberikan getaran yang terasa kuat bagi penduduk sekitarnya.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa berkekuatan 6,5 pada skala richter tersebut terjadi pada hari Jumat, 22 Maret 2024, tepat pukul 15.52.58 WIB.

Episentrum gempa berada di Laut Jawa dengan koordinat 5.76 lintang selatan dan 112.33 bujur timur, serta kedalaman 10 kilometer.

Meskipun gempa terjadi cukup kuat, BMKG menyatakan bahwa tidak ada potensi terjadinya tsunami akibat gempa ini.

Getaran gempa ini dirasakan luas di beberapa wilayah sekitarnya, termasuk Blora, Madura, Gresik, Surabaya, serta beberapa daerah lainnya seperti Banjar III-IV, Banjarbar, Sampit, Banjarmasin, Martapura, Balikpapan, Tanah Grogot, hingga ke Mojokerto, Malang, Lumajang, dan sebagainya.

“Gempa ini tidak berpotensi Tsunami,” demikian keterangan resmi BMKG.

“Gempa Dirasakan di Blora, Madura, Gresik, Surabaya, Banjar III-IV, Banjarbar, Sampit, banjarmasin, Martapura, balikpapan, tanah Grogot, Mojokerto, Malang, Lumajang, Madiun, Nganjuk, Pasuruan, Jepara, Rembang, Demak, Kudus, Semarang II-III MMI, Pacitan, Trenggalek, Blitar, Solo, Sleman, Yogyakarta, Kulonprogo, Kebumen, Temanggung I-II MMI,” tulis BMKG.

Komentar