Dokter Caput Dikukuhkan Jadi Anggota Kehormatan PPAD Buleleng

JurnalPatroliNews – Singaraja,– Figur DR dr Ketut Putra Sedana, Sp.OG, yang akrab disapa Dokter Caput, tidak luput dari pemantauan kalangan militer terutama Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD).

Ternyata sepak terjang Dokter Caput yang dermawan dan aktif di berbagai berbagai kegiatan olahraga, seni-budaya dan adat, pertanian serta sosial-kemanusiaan dipantau oleh “radar” TNI-AD. Ia juga dinilai memiliki jiwa dan semangat militer yang luar biasa.

Potensi yang dimiliki Dokter Caput inilah yang membuat Persatuan Prunawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Kabupaten Buleleng milirik Dokter Caput yang juga Ketua DPC BMI Kabupaten Buleleng dan Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kabuapaten Buleleng itu menjadi anggota kehormatan PPAD Kabupaten Buleleng.

Dokter Caput pun resmi menjadi anggota kehormatan PPAD Kabupaten Buleleng, setelah Selasa (28/3/2023) pagi pukul 09.00 Wita dilakukan penggukuan oleh PPAD Kabupaten Buleleng yang berlangsung pada di Aula Makodim 1609/Buleleng Jalan Gajahmada No 142 Singaraja, Bali.

Usai pelantikan, Dokter Caput mengaku beryukur karena dirinya dikukuhkan menjadi anggota PPAD Kabupaten Buleleng. “Kita bersykur, kita berbahagia, kita bergembira karena memang hari ini saya dikukuhkan menjadi anggota kehormatan di organisasi Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat Kabupaten Buleleng,” ujar Dokter Caput yang terlihat gagah dalam balutan seragam kebesaran PPAD.

Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Buleleng ini menyatakan bahwa pengukuhan dirinya menjadi anggota PPAD Kabupaten Buleleng merupakan suatu anugerah karena bisa dipertemukan lagi dengan komunitas “loreng” sehingga menambahkan persaudaraan anak bangsa untuk membangun negeri ini.

“Dan tentunya ini merupakan anugerah buat saya, karena saya diketemukan lagi dengan komunitas. Bagi saya komunitas-komunitas purnawirawan Angktan Darat yang tentunya di komunitas ini akan bertambah lagi, kita memiliki keluarga, sahabat untuk bersama-sama bagaimana kita membangun daerah, membangun Buleleng, dan yang lebih penting lagi menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini,” ungkap Dokter Caput yang juga kandidat kuat Bupati Buleleng 2024 dari PDI Perjuangan itu.

Dokter Caput yang juga seorang dokter kandungan di Bali Utara itu mengaku akan segera bergerak dengan berbagai program kegiatan. Yang tentunya juga dengan menggandeng organisasi putra-putri TNI Angkatan Darat di bawah naungan PPAD.

Ia yang hadir berseragam lengkap menyebutkan, hal itu sebagai bentuk dorongan bagi mereka untuk berkiprah di masyarakat dengan kegiatan positif.

“Bersyukur dan berbahagia karena dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan PPAD Buleleng, tentunya menjadi anugerah. Sudah pasti (agenda ke depan), tadi sudah komunikasi dengan Himpunan Anak-Anak Angkatan Darat terkait program ke depan,” paparnya..

“Karena mereka juga masa depan kita, tentunya pasti memberikan dorongan untuk berkiprah demi masyarakat,” ucap Dokter Caput lagi.

Sekretaris PPAD Provinsi Bali, Kolonel (Purn) Heri Misuro Sugiarto menjelaskan bahwa pengukuhan DR dr. Ketut Putra Sedana, Sp.OG, bukan tanpa alasan. Heri menjelaskan bahwa Ketut Putra Sedana atau Dokter Caput memiliki kontribusi bagi para purnawirawan.

Adanya pengukuhan ini, juga sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat untuk bersatu dan berjuang bersama. Ia juga menyebutkan bahwa ada tiga tingkatan keanggotaan di PPAD, yakni Anggota Biasa, Anggota Luar Biasa, dan Anggota Kehormatan sesuai AD/ART mereka.

“Pertimbagannya yang jelas karena memang punya kontribusi bagi PPAD, punya kontribusi bagi TNI AD di wilayah,” jelas Kolonel (Purn) Heri yang beristrikan wanita asal Desa Pengastulan, Kecamatan Seririt, Buleleng itu.

Kolonel (Purn) Heri menegaskan, “Yang utama, ada kecintaan untuk TNI AD dan purnawirawan.”

“Walaupun kami militer, namun kami memberikan kesempatan bagi sipil untuk ikut bergabung dan berjuang, sebagai bentuk kemanunggalan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua PPAD Kabupaten Buleleng, Mayor Ckm (Purn) I Wayan Budarsana menyebutkan bahwa pengukuhan anggota kehormatan PPAD ini merupakan sejarah karena merupakan yang pertama kali di Kabupaten Buleleng. Dokter Caput menjadi anggota kehormatan pertama PPAD Kabupaten Buleleng. “Ini yang pertama kali (pengukuhan anggota kehormatan), Dokter Caput sebagai Anggota Kehormatan PPAD Buleleng,” sebutnya.

“Ke depan kami akan bersinergi untuk masyarakat yang membutuhkan, itu harapan yang kami tancapkan ke Dokter Caput,” pungkas Mayor (Purn) Budarsana.

Komentar