Ny Putri Koster Jadi Narasumber Talkshow “Amertha Taksu Abhinaya” Di Pantai Karangsewu-Gilimanuk, Taman Nasional Bali Barat

JurnalPatroliNews-Gilimanuk,– Ny Putri Koster, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, didaulat menjadi narasumbe pada Talkshow yang diselenggarakan serangkaian Hari Konservasi Alam Nasional yang digerlar di Pantai Karangsewu-Gilimanuk, Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Jembrana, Rabu (31/8/2022).

Selain Ny Putri Koster, panitia juga menghadirkandua arasumber lainnya yakni A Rusmarini selaku Pembina Desa Wisata se-Bali sekaligus Penerima Kalpataru 2020 pembudidaya tanaman obat, upakara dan tanaman langka, serta I Nyoman Alit Putrawan yang merupakan Wakil Direktur Pascasarjana UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

Menyimak tema yang diangkat, “Amertha Taksu Abhinaya”, Memulihkan Alam Untuk Masyarakat Sejahtera Dari Perspektif Gender, Ny. Putri Koster mengingatkan masyarakat Bali tanpa terkecuali untuk turut serta berperan aktif menjaga kelestarian lingkungan sebagai tempat hidup, tempat mengenyam pendidikan dan mencari nafkah sekaligus tempat berpijak dalam meneruskan keturunan dan cita-cita leluhur.

“Kita sebagai manusia yang diberkahi kesempurnaan diantara makhluk lainnya, sudah wajib bersyukur atas nikmat yang diberikan.

Sehingga wajiblah bagi kita untuk tetap menjaga keselarasan hidup dan kelestarian semesta untuk kehidupan jangka panjang yang lebih baik. Untuk itu mari kita jangan pernah lupa untuk menjaga hubungan antara manusia dengan tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungan, yang kita kenal dengan konsep Tri Hita Karana,” tegas Ny. Putri Koster.

“Selain menjaga keselerasan lingkungan agar tetap hijau dan bersih, juga bisa kita lakukan melalui pemuliaan semesta beserta isinya dengan persembahan yadnya yang bertepatan dengan perayaan tumpek uye, tumpek wariga, tumpek landep, tumpek kuningan dan tumpek wayang. Dengan merawat lingkungan Bersama, maka upaya untuk melindungi alam agar tidak semakin mengikis dan tidak punah, akan dapat memberikan perlindungan masa depan yang tidak membahayakan bagi anak cucu dan generasi selanjutnya,” tandas Ny Putri Koster lagi.

Kata dia, sesuai Rakernas ke 9 tahun 2021 melalui program unggulan PKK, Tim Penggerak PKK aktif mensosialisasikan agar Kadernya mulai memberikan contoh tentang penataan halaman rumah yang teratur, indah, nyaman dan bermanfaat atau yang biasa dikenal dengan Gerakan amalkan dan kukuhkan halaman teratur, indah, nyaman dan bermanfaat “AKU HATINYA PKK”.

Dengan halaman yang rapi dan pengaturan yang indah serta nyaman terlebih memiliki manfaat dalam pemenuhan kebutuhan sayur mayur dan bumbu dapur sehari-hari, tentu saja akan meringankan beban pengeluaran, selain itu tentu saja vibrasi positif akan tumbuh, mulai dari kenyamanan yang membuka komunikasi yang baik antar anggota keluarga, memberikan O2 yang sehat dan juga mampu menumbuhkan semangat dan kebiasaan keluarga untuk bergotong royong di hari libur (membersihkan areal HATINYA PKK) sehingga rumah adalah istana bagi anggota keluarganya.

Selain itu, Ny Putri Koster menjelaskan bahwa perlindungan alam Bali secara menyeluruh juga sudah diatur ke dalam Peraturan Gubernur Bali Nomor 97 Tahun 2018 Tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai, dimana secara gamblang telah dijabarkan terkait pengelolaan sampah berbasis sumber yang pemilahannya dilakukan dari tingkat rumah tangga sebelum kemudian diangkut oleh petugasnya.

Tim Penggerak PKK sebagai partner pemerintah yang berfungsi menggerakkan masyarakat untuk bersama membangun Bali agar tetap ajeg sesuai tata-titi yang diwariskan oleh para leluhur, mengajak agar seluruh masyarakat untuk sadar akan kewajiban menjaga kebersihan diri, kebersihan lingkungan keluarga, menjaga kebersihan lingkungan secara luas.

Komentar