Soal Pilkades PAW Sumber Jaya, FKMPB Sebut: BPD Desa Sumberjaya Ora Danta

Pada acara tersebut FKMPB hadir dengan 3 personil dan di sambut oleh ktua BPD Sumberjaya H.KARNO, Sekertaris Bumdes Natrom dan 2 orang lagi anggota BPD Sumber jaya.

Lanjut Eko, Dalam audiens tersebut kami melalui komunikasi membuka pembahasan dan terdiri dari beberapa point, Masalah pembentukan panitia PAW sesuai SK bupati kepada PJ.Kepala desa, Soal rotasi dan Isu pergeseran pejabat desa, Serta Pergantian ketua BUMDES desa Sumberjaya kecamatan tambun selatan, sejauh mana BPD Sumberjaya mengetahuinya.

Dari hasil audiensi tersebut banyak jawaban yang sangat miris kami dapatkan, “Bahkan kami (FKMPB) menganggap, Ketua dan anggota BPD tidak memahami tupoksinya sebagai badan pengawas desa,” Jelas Eko.

Kenapa demikian lanjut Eko, Dari 3 point pertanyaan yg kami mohonkan mendapatkan jawaban yang sangat mencengangkan.
1.Mengapa BPD belum melaksanakan Musdes untuk membentuk kepanitiaan Pilkades PAW.

Jawab singkat BPD melalui ketuanya H.Karno. ‘Tidak ada anggaran’.

Suatu jawaban yang tak masuk akal karena tugas BPD bersama anggota membentuk kepanitiaan musdes bukan bicara anggaran musdes, karena bicara anggaran adalah hak panitia Pilkades PAW yang di dapat dari pemerintah desa.

Di tambahkan lagi, menurut ketua BPD sudah menyurati pemerintah desa untuk melaksanakan rakor,

” Saya tanya ke Ketua BPD, apa hubungannya rakor dengan pembentukan panitia Pilkades PAW…?, Katanya disana akan dibahas Soal PAW, nyatanya mana, ” Ujar Eko.

Selanjutnya saat ditanya, soal pergeseran para Staff desa apakah BPD mengetahui juga,

” Lucunya Jawaban BPD melalui ketuanya, saya tahu secara kasat mata, Tetapi tidak tau secara resminya,” Aneh kata Eko dalam rilisnya.

” Lalu kerja BPD apa, Soal PAW ora danta katanya engga ada Anggaran, soal pergeseran para Staff, cuma tahu secara kasat mata, Apa mungkin BPD dan PJ Kades Ada Miss komunikasi, atau ada unsur kesengajaan BPD agar mengulur waktu PAW, atau punya maksud lain,”Pungkas Eko, Ketua FKMPB Kab. bekasi.

Sementara itu, dari info yang ada, lantaran ramainya pemberitaan soal desa Sumberjaya, Baik soal PilKades PAW, maupun hal lainya, Camat Tambun Selatan, Drs. Sopian Hadi. MM Kamis (14/9) menggelar rapat koordinasi dengan pemdes Sumberjaya dan BPD, serta Pendamping.

” Iya, hari ini ada pertemuan di Kantor Desa Sumberjaya, dan hasilnya baik, Ada pembahasan soal Raperdes dan rencana anggaran Untuk PAW ada atau tidak, Terkait hal ini Minggu depan nanti baru ada jawaban dari pemerintah desa, akan ada rapat berikutnya,” Ujar singkat Camat Tamsel Sopian Hadi MM, melalui pesan WhatsApp, Kamis (14/9).

Hingga saat ini, rekan media belum dapat konfirmasi lengkap, baik dari BPD ataupun PJ Kades Sumberjaya.

Komentar