12 WNA India Jalani Isolasi Karena Positif Covid-19

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyampaikan ada 12 warga negara asing asal India yang masuk ke Indonesia positif Covid-19. Mereka tengah menjalani isolasi di hotel.

“Dua belas ini Langsung diisolasi mandiri di Hotel Hariston,” katanya saat konferensi pers di Jakarta, Sabtu (24/4).

Mayjen TNI Dudung Abdurachman menuturkan bahwa 12 orang itu merupakan bagian dari 160 WNA yang datang dari India ke Indonesia selama beberapa waktu terakhir.

Mereka terjaring dalam operasi oleh tim khusus yang dibentuk Polri untuk mencari keberadaan warga negara India maupun WNI yang datang dari India.

“Dari hasil tim ini maka telah didata ada 160 orang warga negara asing dan (tujuh orang) warga negara Indonesia yang datang dari India. Hasil swab dari 160 orang, 153 warga negara dari India, ada 12 orang yang positif,” jelas Mayjen TNI Dudung Abdurachman.

Sementara tujuh WNI yang datang dari India itu dinyatakan negatif Covid-19. Namun, mereka tetap menjalani karantina mandiri di Wisma Pademangan.

Menurut Mayjen TNI Dudung Abdurachman, isolasi di Hotel Hariston dan Wisma Pademangan dilakukan selama 14 hari.

“Kalau misalnya sudah 14 hari, nanti kan swab ada dua kali. Di hari pertama dan hari ke-13 nanti akan diswab kembali, jika hasilnya negatif, ya sudah seperti yang tadi saya sampaikan, dikembalikan sesuai dengan tujuannya masing-masing sehingga tidak dikembalikan ke negara asal,” jelasnya.

Masuknya warga negara asing India ke Indonesia pada Rabu (21/4) menjadi perbincangan masyarakat karena negara tersebut sedang mengalami krisis kesehatan cukup parah. Saat ini di India terdapat mutasi virus Covid-19 varian B.1617 yang bermuatan mutasi ganda.

(askara)

Komentar