2.275 Desa Belum Teraliri Listrik, Sekjend Kemendes : Elektrifikasi Harus Digenjot

  • Whatsapp
Taufik Madjid, Sekjen Kemendes PDTT (Dok.kemendes.go.id)

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Sampai saat ini, masih banyak Desa yang belum teraliri listrik. Taufik Madjid, Sekjen Kemendes PDTT menekankan pentingnya Program Percepatan Elektrifikasi di Pedesaan dengan memanfaatkan penggunaan sumber Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai sumber energi untuk penyediaan Tenaga Listrik.

Berdasarkan Data Potensi Desa (PODes) tahun 2018, masih terdapat 2.275 desa dari 74.961 desa di Indonesia yang belum teraliri listrik. Khusus wilayah Papua yang masih merupakan Daerah Tertinggal, Rasio Elekrifikasinya adalah sebesar 43 persen atau masih terdapat 458.356 Kepala Keluarga (KK) dari dari total 806.280 KK yang belum mendapatkan aliran listrik.

BACA JUGA :

Menurut Taufiq, data tersebut menjadi catatan penting untuk merealisasikan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Kementerian/Lembaga terkait agar secara langsung maupun tidak langsung untuk memberikan perhatian penuh terhadap pembangunan di Papua dan Papua Barat.

“Termasuk di dalamnya adalah tentang isu Elektrifikasi atau Akses Listrik bagi masyarakat Papua dan Papua Barat,” jelasnya, Kamis (25/11).

Pos terkait