20 Penyelam Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Pulau Sangiang Banten

JurnalpatroliNews, Banten – Puluhan penyelam menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT ke-76 RI. Upacara digelar di bawah laut Pulau Sangiang, Banten.

Puluhan penyelam itu terdiri dari Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSII) Cilegon, Lanal Banten, Polairud Polda Banten, Pramuka, dan Basarnas Banten.

“Dalam rangka menyambut HUT RI ke-76 POSSI Banten bersama Lanal Banten melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di dasar laut di perairan Pulau Sangiang,” kata Komandan Lanal Banten, Kolonel Laut (P) Budi Iryanto kepada wartawan, Selasa (17/8/2021).

Para penyelam itu berangkat dari 2 dermaga berbeda, rombongan pertama berangkat dari dermaga Pelabuhan Indah Kita menggunakan kapal perang KAL Anyer sementara rombongan kedua dari dermaga Anyer menggunakan kapal nelayan.

Sekitar 20 penyelam dari berbagai kesatuan sekitar pukul 09.00 WIB mulai melakukan penyelaman, saat upacara pengibaran bendera berlangsung seorang penyelam naik ke permukaan memberi kode bahwa bendera sudah dikibarkan.

Mereka yang berada di permukaan laut memberi penghormatan kepada sang saka Merah Putih selama 1 menit diawali bunyi sirine dari KAL Anyer.

“Kegiatan ini sudah ketiga kalinya dilaksanakan, bedanya saat ini dilaksanakan pada masa pandemi, itulah bedanya. Di masa pandemi seperti ini kita tetap melaksanakan protokol kesehatan,” tuturnya.

Selesai upacara, 2 kapal nelayan Pulau Sangiang merapat ke KAL Anyer, para nelayan itu diberikan sembako.

“Selesai kita laksanakan pengibaran bendera di bawah laut, kita laksanakan pembagian sembako kepada nelayan di sekitar Pulau Sangiang,” ujar Budi.

(dtk)

Komentar